Isu PKI Muncul Karena Joko Widodo Tak Berhasil Ditumbangkan

Isu PKI Muncul Karena Joko Widodo Tak Berhasil Ditumbangkan
Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menilai, sejumlah isu yang berkembang akhir-akhir ini merupakan bagian dari upaya pihak tertentu untuk menumbangkan pemerintahan Joko Widodo, terutama menjelang Pemilu 2019 mendatang.

Menurut Ari, hal tersebut cukup tergambar jelas. Pasalnya, ada beberapa isu yang sebenarnya tidak begitu kuat karena terjadi di luar negeri, namun tetap coba dikembangkan begitu luar biasa di dalam negeri.

"‎Isu soal penindasan etnis Rohingya di Myanmar misalnya, itu kan sangat jelas isu domestik Myanmar. Namun digoreng menjadi isu untuk melemahkan Jokowi," ujar Ari kepada JPNN, Rabu (20/9).

Isu lain terkait pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan yang terbaru ‎terkait tudingan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dibumbui dengan soal pro dan kontra pemutaran kembali film G 30S/PKI.

‎"Saya melihat ‎isu soal kebangkitan PKI ini kembali dimunculkan karena kubu-kubu yang berseberangan dengan Jokowi tidak berhasil mencari isu lain yang bisa digunakan untuk menggoyang Jokowi," ucapnya. (gir/jpnn)


Selain soal PKI, juga terkait Rohignya dan KPK.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News