Iwan Bule Semangati Petugas Damkar yang Berjuang Padamkan Kebakaran di TPA Sarimukti

Iwan Bule Semangati Petugas Damkar yang Berjuang Padamkan Kebakaran di TPA Sarimukti
Tokoh Jawa Barat Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh Jawa Barat Mochamad Iriawan atau yang biasa disapa Iwan Bule menyemangati para petugas damkar yang tengah berjuang memadamkan kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, sejak Sabtu (19/8/2023) lalu.

Kebakaran hebat itu berawal dari api yang membara di gunungan sampah di zona 4, kemudian terus merembet ke zona 3, zona 2, dan terbaru di zona 1 atau sekitar 15 hektar di TPA Sarimukti itu, sehingga Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menetapkan status darurat bencana akibat musibah kebakaran tersebut.

"Saya sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang menimpa TPA Sarimukti. Saya pun sudah mendapat laporan dari rekan-rekan di Bandung, di mana para petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Bandung Barat dan sekitarnya bahu membahu berjibaku untuk memadamkan api tersebut," ucap Iwan Bule yang tengah melakukan aktivitasnya di Solo, Kamis (24/8/2023).

Menurut Iwan Bule ini bukanlah pekerjaan mudah, karena yang tebakar sebanyak 4 zona atau sekitar 15 hektar di TPA Sarimukti itu.

"Saya juga melihat, petugas pemadam kebakaran dari beberapa kabupaten sekitar TPA harus berjuang keras untuk memadamkannya. Saya berterima kasih dengan langkah yang dilakukan para petugas pemadam kebakaran yang sigap dan tak kenal lelah berjuang memadamkan kobaran api dan harus tetap semangat," tambahnya.

Meski terus berjuang, Iwan Bule meminta para petugas damkar harus berhati-hati dalam menjalankan bertugas. "Saya berdoa, semoga bencana kebakaran ini bisa segera teratasi oleh para petugas pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lapangan," harapnya.

Akibat kebakaran di TPA Sarimukti itu membuat sampah menumpuk di tempat pembuangan sementara (TPS) yang ada di Kota Cimahi. Salah satunya di TPS Pasar Atas, di mana terlihat deretan motor roda tiga pengangkut sampah dari masing-masing RW yang dilayani, penuh muatan sampah dan belum diturunkan.

Pj Gubernur Jawa Barat tahun 2018 itu juga mengatakan bahwa persoalan kebakaran sampah ini membuat wilayah Bandung Raya terdampak. Selain sampah yang menumpuk karena tidak ada tempat pembuangan akhir, asap kebakaran juga cukup menganggu.

Iwan Bule menyemangati para petugas damkar yang tengah berjuang memadamkan kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News