Iwan: Jangan Sinis Menyikapi Kantor Desa Mirip Istana Merdeka

Iwan: Jangan Sinis Menyikapi Kantor Desa Mirip Istana Merdeka
Ilustrasi Istana Merdeka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Bidang Pemberdayaan Desa Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas Soksi), Iwan Sulaiman Soelasno meminta publik tidak sinis menyikapi kantor desa mirip Istana Merdeka.

Kantor desa yang dimaksud berada di Desa Cempaka, Kecamatan Sungkai Jaya, Kabupaten Lampung Utara, Bandar Lampung.

Menurutnya, semua pihak jangan terburu–buru sinis dan mengkritik tanpa melihat sejauh mana aturan dalam penggunaan dana desa.

Iwan menambahkan, perlu diklarifikasi terlebih dahulu kepada Pemerintah Desa Cempaka dan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara terkait bangunan kantor desa mirip dengan Istana Merdeka tersebut.

Misalnya, kata Iwan, apakah pembangunan kantor itu telah menjadi keputusan hasil musyawarah desa, dan menggunakan skema Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang melibatkan sepenuhnya warga desa setempat.

“Kalau memang ini kesepakatan warga desa yang dihasilkan dari musyawarah desa (musdes) maka semua pihak harus menghargai hasil musdes sebagai forum tertinggi warga desa," kata Iwan dalam keterangannya, Selasa (24/11).

Menurut Iwan, bila kemudian dengan anggaran pembangunan Rp 400 juta yang bersumber dari dana desa ini pengerjaannya dilakukan melalui PKTD sebagaimana menjadi amanat pemerintah soal prioritas penggunaan dana desa, maka hal itu sah–sah saja.

"Artinya, masyarakat ikut terlibat dalam pembangunan kantor desa ini dan mendapatkan upah yang pantas sesuai yang diatur dalam skema PKTD," ungkap Iwan.

Iwan meminta jangan terburu–buru sinis dan mengkritik tanpa melihat sejauh mana aturan dalam penggunaan dana desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News