Jadi Calon Hakim MK, Benny Tunggu Restu Demokrat

Jadi Calon Hakim MK, Benny Tunggu Restu Demokrat
Jadi Calon Hakim MK, Benny Tunggu Restu Demokrat

jpnn.com - JAKARTA – Kabar Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Benny Kabur Harman mendaftarkan diri sebagai calon Hakim Konstitusi mendapat tanggapan beragam. Rekan separtai Benny, Ruhut Sitompul mendukung langkah bekas Ketua Komisi III DPR itu untuk menjadi Hakim Konstitusi.

“Saya sih mendukung kalau ada kader Demokrat berminat jadi Hakim MK,” kata Ruhut kepada wartawan di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2). 

Kendati demikian, Ruhut menambahkan bahwa Benny harus meminta izin terlebih dahulu kepada Ketua Fraksi PD di DPR Nurhayati Alie Assegaf dan Ketua Harian PD Syarief Hassan. 

Ia menambahkan, sebagai Kapoksi, Benny pernah menghubunginya terkait pencalonan Hakim MK ini. “Saya bilang, bisa saja,” kata Ruhut. Menurutnya, Benny merupakan sosok yang bagus. Tapi, Ruhut melanjutkan, Benny harus melepaskan dulu baju kebesarannya yakni Partai Demokrat.  “Saya bilang pada Pak Benny koordinasi dengan ibu Ketua Fraksi dan Ketua Harian,” kata Ruhut lagi.

Rekan Benny lainnya di DPR, Hary Witjaksana juga memberikan dukungan. Ia menilai Benny memiliki kapasitas di bidang hukum dan berintegritas. Ketua FPD di DPR Nurhayati Alie Assegaf mengaku mengetahui kabar soal kadernya ramai masuk bursa calon Hakim MK dari media online.

Menurut dia, Benny sudah mengatakan siap maju bila diizinkan FPD. "Sejauh ini Benny tetap taat pada keputusan yang akan diambil partai. Karena memang Benny pada beberapa waktu lalu ingin maju jadi Hakim MK, namun berbenturan karena beliau maju menjadi gubernur (Nusa Tenggara Timur)," kata Nurhayati, Kamis (20/2).

Dijelaskan Nurhayati, Senin 24 Februari 2014 Benny akan bertemu dengan pimpinan FPD.  “Benny akan menjelaskan semuanya," ujar Nurhayati. Menurutnya pula, Benny sosok yang punya kapasitas sebagai calon Hakim Konstitusi karena memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang hukum.

Ketika dihubungi wartawan lewat telepon seluler, Benny menolak banyak berkomentar.  Namun, ia mengatakan, saat ini masih menunggu restu Ketua Fraksi dan Ketua Harian PD. "Bilamana direkomendasikan dan didukung, sebagai anak bangsa saya siap selalu apalagi itu amanah rakyat," ujar Benny singkat. (boy/jpnn)

JAKARTA – Kabar Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Benny Kabur Harman mendaftarkan diri sebagai calon Hakim Konstitusi mendapat tanggapan beragam.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News