Piala AFC 2019

Jadi Tim Musafir, PSM Tetap Pede Jamu Lawan di Pakansari

Jadi Tim Musafir, PSM Tetap Pede Jamu Lawan di Pakansari
Pemain PSM Makassar merayakan sebuah gol. Foto: Idham Ama/Fajar

jpnn.com, MAKASSAR - PSM Makassar akan bersua Home United (Singapura), Lao Toyota (Laos) dan Kaya FC (Filipina) di grup H Piala AFC 2019.

Sayangnya, tim berjuluk Juku Eja, itu dipastikan tak bisa menjamu lawannya di stadion Andi Mattalatta, Makassar, karena tidak layak untuk menggelar laga level Asia.

Tapi, manajemen PSM sudah menentukan pilihan. Adalah stadion Pakansari, Bogor, yang nantinya akan menjadi home base PSM di AFC Cup. Karena akan jadi tim musafir, segala urusan harus segera diselesaikan. AFC memberikan tenggat waktu satu bulan sebelum laga perdana bagi PSM untuk melengkapi segala perizinan.

Laga perdana akan dihelat saat PSM away kontra Home United 27 Feruari 2019. Itu artinya, segela urusan harus sudah tuntas pada 27 Januari 2019. “Dalam minggu ini kami lihat hal yang jadi syarat AFC. Apa saja aturan baku yang harus kita ikuti. Kami akan maksimalkan semua infrstruktur yang ada di sana,” kata CEO PSM Munafri Arifuddin.

Manajer Lisensi PSSI Tigorshalom Boboy memang meminta PSM untuk bekerja lebih keras. Sebab, banyak yang harus diurus. Seperti jaminan hotel bagi calon tim tamu. “Karena bukan di Makassar, ini harus betul-betul dipersiapkan dengan baik. Karena pengawasan dan standarnya juga lebih ketat,” katanya.

Nah, berlaga di Pakansari tak lantas membuat PSM ciut nyali. Juku Eja tetap mematok target tinggi dalam ajang tersebut. Pelatih PSM Robert Rene Alberts bahkan cukup antusias. “PSM akhirnya kembali ke level Asia. Bahwa kompetisi di sini (AFC Cup) akan lebih sulit. Tetapi kami coba berikan yang terbaik untuk PSM,” tegas pelatih asal Belanda itu.

Untuk meraih hasil maksimal, Alberts sudah punya gambaran untuk melakukan pembenahan. Mantan pelatih Sarawak FA itu akan menambal lini belakang yang sudah ditinggal Steven Paulle. Selain itu, lini depan juga menjadi sorotan. Karena itu, dia bakal memanfaatkan waktu selama satu bulan ini untuk berburu pemain anyar.

“Kami bukan tim dengan pertahanan terbaik. Kami juga tidak punya top skor. Jadi prioritas sekarang adalah mendapatkan pemain yang betul-betul bagus,” tambah Alberts. Saat ini, skuat PSM masih berlibur. Mereka akan kembali berlatih jelang ajang AFC Cup. “Kami punya waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan tim sebaik mungkin,” imbuhnya. (gus)


PSM Makassar akan bersua Home United (Singapura), Lao Toyota (Laos) dan Kaya FC (Filipina) di grup H Piala AFC 2019.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News