Jadikan Maritim Indonesia Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Jadikan Maritim Indonesia Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Jadikan Maritim Indonesia Tuan Rumah di Negeri Sendiri

jpnn.com - JAKARTA - Keinginan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor maritim mendapat dukungan dari kalangan masyarakat. Menurut mereka, sudah saatnya maritim diperkuat, karena selama ini sektor tersebut lebih didominasi negara asing.

"Meski terkesan terlambat, namun paling tidak Indonesia hari ini sudah mau memulai memfokuskan pada sektor kemaritiman," kata pemerhati kemaritiman, Agus Santoso, Senin (20/10).

Dia menyebutkan, saat ini yang digarap hanya sumber daya alam kelautan sehingga belum cukup. Sedangkan kemaritiman belum tersentuh. Dicontohkannya di Pelabuhan Tanjung Priok yang peti kemasnya hanya dipenuhi bendera asing seperti Singapura, Hongkong, Jepang, dan Tiongkok. Indonesia hanya memiliki kapal kecil, fungsinya sebatas mengantar barang dari Jakarta ke Singapura atau Surabaya ke Singapura.

"Visi misi Pak Jokowi sudah jelas, sekarang tinggal bagaimana mengimplementasikannya. Bagaimana juga menjadikan maritim Indonesia sebagai tuan rumah di negeri kita sendiri," tuturnya.

Dia menyentil pernyataan Jokowi tentang membelakangi samudera. "Kenapa membelakangi? Karena investasi sektor kelautan di Indonesia sangat sulit lantaran banyaknya perizinan. Wajar kemudian mereka memilih investasi ke Singapura," terang mantan Pimred Tabloid Kemaritiman di era tahun 1990-an ini.

Dia menambahkan, jika dalam kabinet Jokowi ada Menko Kemaritiman, maka harus menggabungkan kelautan dan perikanan agar fungsinya kelihatan. (esy/jpnn)


JAKARTA - Keinginan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor maritim mendapat dukungan dari kalangan masyarakat. Menurut mereka, sudah saatnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News