Jaga Kedaulatan Maritim, Bea Cukai Belawan dan Polairud Gencarkan Patroli

Jaga Kedaulatan Maritim, Bea Cukai Belawan dan Polairud Gencarkan Patroli
Bea Cukai dan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) melaksanakan patroli laut gabungan menjaga perairan Indonesia. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, MEDAN - Bea Cukai dan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) kerap melaksanakan patroli laut gabungan.

Patroli ini digelar sebagai tindak lanjut perjanjian antara Bea Cukai dengan Polri dalam meningkatkan sinergi tugas operasional dan sumber daya pelaksanaan tupoksi.

Hal itu juga dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan laut Indonesia.

“Dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia, Bea Cukai telah lama menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum lain, seperti Polairud," kata Kepala Kantor Bea Cukai Belawan Tri Utomo Hendro Wibowo, Senin (15/02).

Menurut Tri Utomo, bertugas pada wilayah pengawasan laut yang sama, Bea Cukai dan Polairud harus bersinergi, berkomunikasi, dan berkerja sama.

"Karena tugas menjaga kedaulatan negara tidak mungkin berjalan tanpa kerja sama, baik dari level atas ke level bawah maupun sebaliknya,” ujarnya.

Tri menambahkan pada 11 Februari 2021, pihaknya telah melaksanakan apel sinergi operasi patroli laut Bea Cukai bersama Polairud Polda Sumatera Utara.

Sinergi yang terbangun antara Bea Cukai Belawan dengan aparat penegak hukum lain, salah satunya Direktorat Polairud Polda Sumut ini memang sudah terjalin sejak lama khususnya menjaga kedaulatan maritim Indonesia. 

Patroli gabungan Bea Cukai dan Polairud sebagai upaya meningkatkan pengawasan mengamankan wilayah perairan laut Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News