Jaga Stamina Jelang Wukuf

Sudah 41 CJH Wafat

Jaga Stamina Jelang Wukuf
Jaga Stamina Jelang Wukuf
JAKARTA - Kelelahan menjadi salah satu penyebab utama wafatnya calon jamaah haji (CJH) Indonesia di tanah suci. Selain kelelahan, beberapa CJH yang meninggal disebabkan penyakit bawaan yang sudah mereka derita sejak di tanah air. Hingga Minggu (14/10), CJH yang wafat di Arab Saudi mencapai 41 orang.

Dengan makin dekatnya puncak ibadah haji, Kementerian Agama (Kemenag) menghimbau seluruh CJH untuk menjaga stamina. Terutama menjelang dan selama pelaksanaan wukuf 25 Oktober nanti.

     

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Bahrul Hayat meminta para cJH tidak terlalu memforsir diri untuk melakukan ibadah yang justru mengakibatkan daya tahan fisik melemah. Wukuf sebagai puncak ibadah haji itu masih sekitar sepuluh hari lagi. Jadi, dalam rentang waktu ini, jamaah diminta hemat tenaga.

"Jika tenaga sudah habis diforsir, daya tahan tubuh bisa melemah," kata Bahrul. Nah, ketika daya tahan tubuh melemah, CJH bakal gampang sakit.

JAKARTA - Kelelahan menjadi salah satu penyebab utama wafatnya calon jamaah haji (CJH) Indonesia di tanah suci. Selain kelelahan, beberapa CJH yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News