Jajaran BUMN Komitmen Dukung Industri Pariwisata

Jajaran BUMN Komitmen Dukung Industri Pariwisata
Candi Prambanan. FOTO: Radar Jogja/JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Komitmen BUMN untuk mengembangkan pariwisata kembali dipertegas. Penegasan dilakukan saat jajaran perusahaan plat merah itu merayakan ulang tahun dan memperingati Hari Kartini, Jumat (21/4/17) di Candi Prambanan, Yogjakarta.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah menegaskan seluruh perusahaan plat merah tersebut kumpul di Jogjakarta sekaligus untuk menggelar kegiatan kemanusiaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

CSR ini dilakukan di sejumlah bidang, antara lain pembangunan Balai Ekonomi Desa atau Balkondes. Edwin Hidayat menyatakan, Balkondes ini mengintegrasikan kegiatan dan potensi ekonomi daerah dengan sistem kepariwisataan milik BUMN berikut pemasaran serta pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

"Rencana ada 20 di sekitar Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Jadi masyarakat kita ajak pertama kali ketika kita membuka tempat pariwisata. Saat kita mengundang orang untuk berwisata menikmati keindahan alam dan peninggalan sejarah, maka yang pertama kali disiapkan bukan bangunan tapi masyarakatnya," lanjutnya.

Balkondes merupakan etalase perekonomian di daerah, ruang untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi. Dengan Balkondes, diharapkan masyarakat menjadi "pelaku" industri pariwisata dan menikmati dampak positif nya.

Menpar Arief Yahya mengucapkan terima kasih kepada spirit "Indonesia Incorporated" Kementerian BUMN. Balkondes itu salah satunya didedikasikan untuk mensupport homestay desa wisata.

"Itu top three prioritas utama program kerja Kemenpar 2017, yakni Go Digital, Air Connectivity, dan Homestay Desa Wisata," jelas Arief Yahya.

Arief Yahya yang Mantan Dirut Telkom itu memang merasa, Kemenpar sendiri tidak akan bisa membangun kepariwisataan dengN sempurna. Karena sangat terkait dengan kementerian, lembaga dan pemda, yang belum tentu mereka mendukung penuh 24 karat. "Karena itu, kami berterima kasih pada Kementerian BUMN yang konkret," kata dia.

Komitmen BUMN untuk mengembangkan pariwisata kembali dipertegas. Penegasan dilakukan saat jajaran perusahaan plat merah itu merayakan ulang tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News