Jakarta, Banten, dan Jabar Paling Rentan terhadap Covid-19

Jakarta, Banten, dan Jabar Paling Rentan terhadap Covid-19
Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri. Foto: Dok Pri

jpnn.com, JAKARTA - Tiga provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi virus corona (covid-19).

Dari sisi layanan kesehatan terhadap jumlah penduduk, Jakarta paling baik. Sementara itu, Jawa Barat dan Banten tidak didukung layanan kesehatan memadai.

Temuan tersebut tecermin dari Indeks Kerentanan Provinsi terhadap covid-19 yang dibuat oleh Katadata Insight Center (KIC).

Indeks ini terdiri dari tiga sub-indeks. Pertama, risiko terkait dengan karakteristik daerah. Misalnya, kepadatan penduduk, kualitas udara dan akses terhadap hunian yang layak.

Kedua, risiko terkait dengan kondisi kesehatan penduduk. Contohnya, jumlah penduduk yang merokok, jumlah warga lanjut usia dan warga yang tidak mempunyai jaminan kesehatan.

Ketiga, risiko terkait dengan mobilitas penduduk. Hasilnya, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat menanggung risiko dari mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat dan kualitas udara yang buruk.

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran covid-19 ,” kata Direktur Riset Katadata Mulya Amri, Jumat (3/2).

Menurut Mulya, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan karena terkait dalam kawasan megapolitan Jabodetabek.

Tiga provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi virus corona (covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News