Jakarta Biennale Mengangkat Tema ESOK, Melibatkan Seniman dari 20 Negara

Jakarta Biennale Mengangkat Tema ESOK, Melibatkan Seniman dari 20 Negara
Pameran seni rupa 'Jakarta Biennale' yang akan diselenggarakan mulai tanggal 21 November 2021 hingga 21 Januari 2022. Foto: Jakarta Biennale

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar pameran seni rupa 'Jakarta Biennale' mulai 21 November 2021-21 Januari 2022. Perhelatan pameran seni itu akan mengangkat tema ‘ESOK’. 

Melalui tema itu, Jakarta Biennale akan menjadi sebuah momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta terus melaju, serta mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

"‘ESOK’ adalah sebuah tantangan bagi para seniman untuk mewujudkan visi,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata, Sabtu (20/11).

Andhika melanjutkan tantangan ini menyentuh beribu permasalahan kehidupan, seperti hak asasi manusia, krisis iklim, keberagaman, pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, diskursus kebudayaan, hingga disrupsi digital dan situasi pandemi.

Menurut dia, Jakarta Biennale 2021 bisa menjadi alternatif daya tarik wisata bagi warga ibu kota.  

"Jakarta Biennale akan menerapkan protokol kesehatan ketat serta peluncuran buku program materi publikasi yang dihadirkan secara digital dengan QR Code untuk diunduh oleh pengunjung," tutur Andhika.

Beragam karya seni akan dipamerkan di ruang publik, seperti Museum Nasional dan Museum Kebangkitan Nasional. 

Selain itu, ada instalasi seni yang dipasang di berbagai titik ibu kota, yaitu Jalan Thamrin-Sudirman, Taman Menteng, Cikini, serta Stasiun MRT.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar pameran seni rupa 'Jakarta Biennale' mulai 21 November 2021-21 Januari 2022. Perhelatan pameran seni itu akan mengangkat tema ‘ESOK’.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News