Jaksa Agung: Kami Sebagai Eksekutor tak Semena-mena

Jaksa Agung: Kami Sebagai Eksekutor tak Semena-mena
Jaksa Agung: Kami Sebagai Eksekutor tak Semena-mena

jpnn.com - JAKARTA - Jaksa Agung Prasetyo menegaskan bahwa pelaksanaan eksekusi mati tetap akan dilakukan serentak. Namun, kapan pelaksanaannya belum dilakukan karena masih menunggu proses hukum yang tengah berjalan.

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidus) Kejaksaan Agung itu menegaskan bahwa aspek yuridis sebetulnya sudah nyaris final untuk melaksanakan eksekusi.

Namun, kata dia, dalam perkembangannya, beberapa terpidana mati baik langsung maupun kuasa hukumnya mengajukan upaya hukum lagi.

Misalnya dengan mengajukan peninjauan kembali dan gugatan di pengadilan tata usaha negara. Karenanya, ia menegaskan, proses hukum yang merupakan bagian dari aspek yuridis itu harus dihormati.

"Kita harus sabar menunggu dulu. Kami sebagai eksekutor tidak semena-mena," kata Prasetyo di Kejagung, Jumat (20/3).

Sebenarnya kesempatan mengajukan upaya hukum itu tidak perlu diberikan karena mereka sudah mengajukan grasi dan  ditolak. "Jadi seseungguhnya tidak ada langkah apapun yang perlu dilakukan si terpidana yang bersangkutan," ungkapnya.  (boy/jpnn)


JAKARTA - Jaksa Agung Prasetyo menegaskan bahwa pelaksanaan eksekusi mati tetap akan dilakukan serentak. Namun, kapan pelaksanaannya belum dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News