Jaksa Agung: Perkara Remeh-Temeh tak Perlu Disidangkan

Jaksa Agung: Perkara Remeh-Temeh tak Perlu Disidangkan
Jaksa Agung: Perkara Remeh-Temeh tak Perlu Disidangkan
JAKARTA - Jaksa Agung Basrief Arief memerintahkan jajarannya agar menolak menyidangkan perkara pidana kecil yang melibatkan masyarakat kecil. Penolakan itu, menurut dia, sesuai prosedur sebab jaksa memiliki kewenangan untuk meneliti ulang pelimpahan perkara dari kepolisian apakah layak atau tidak diteruskan ke pengadilan.

Penolakan seperti ini, lanjut Basrief, baru-baru ini dilakukan kejaksaan dalam kasus pencurian pisang di Jawa Tengah. Walau begitu, langkah ini harus  dipahami bersama oleh aparat hukum lain baik itu penyidik kepolisian, hakim atau jaksa sendiri.

"Untuk ke depannya hal-hal perkara kecil, tidak perlu ke pengadilan. Ini harus ada pengertian dari semua lini aparat hukum. Juga harus dipahami masyarakat, ketika  P21 (berkas dinyatakan lengkap) dianggap harus ke pengadilan. Saya kira tidak demikian," kata Basrief, Jumat (3/2).

Kasus yang dimaksudkan Basrief adalah penghentian penuntutan kasus pencurian pisang di Cilacap yang diduga dilakukan Kuatno (21) dan Topan (25). Perkara mereka tak dilanjutkan ke pengadilan karena keduanya dinilai tak bisa mempertanggungjawabkan secara hukum.

JAKARTA - Jaksa Agung Basrief Arief memerintahkan jajarannya agar menolak menyidangkan perkara pidana kecil yang melibatkan masyarakat kecil. Penolakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News