Jalan Baru Diprioritaskan

Strategi Mengurai Kemacetan di Sumbar

Jalan Baru Diprioritaskan
Jalan Baru Diprioritaskan
PADANG - Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman (Prasjal Tarkim) Sumbar menetapkan 9 jaringan jalan baru yang menjadi prioritas untuk segera ditangani.

Sembilan jaringan jalan itu, Sicincin-Malalak, Malalak-Balingka-Jembatan Ngarai-Bukitinggi, Duku-Sicincin, Alahanpanjang-Pasarbaru, Alahanpanjang-Kiliranjao, jalan Kabupaten Pasaman-Riau, jalan Sungaipisang-Sungaipinang-Mand eh, jalan penguhubung Kabupaten Solok Selatan dan Dharmasraya dan jalan penghubung Pasaman dan Pasaman Barat.

"Jaringan jalan tersebut diprediksi dapat mengurai kemacetan di sejumlah titik," terang Kepala Dinas Prasjal Tarkim Sumbar Suprapto pada Padang Ekspres (Grup JPNN) kemarin.

Percepatan pembangunan jalan dan jembatan perlu dilakukan sehingga cepat berfungsi mengurangi kepadatan lalu lintas. Lebar jalan nasional dan provinsi belum sesuai standar nasional, sementara pertumbuhan kendaraan semakin tinggi sehingga menyebabkan kemacetan.

Di sisi lain, jalan alternatif rawan longsor. Karena itu, dibutuhkan pengembangan jaringan jalan baru. Jalan Sicincin-Malalak diharapkan dapat mengurai kemacetan di Sicincin- Padangpanjang dan Bukitinggi. Jalan Malalak-Balingka-Ngarai-Bukitt inggi merupakan kelanjutan Sicincin- Malalak.

PADANG - Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman (Prasjal Tarkim) Sumbar menetapkan 9 jaringan jalan baru yang menjadi prioritas untuk segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News