Jalan Lingkar Danau Toba Diperlebar jadi 7 Meter

Jalan Lingkar Danau Toba Diperlebar jadi 7 Meter
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTAUpaya pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas internasional dibarengi dengan pembangunan infrastruktur merata di hampir seluruh wilayah Sumut.  Sejumlah ruas jalan, tidak hanya di sekitar Danau Toba, akan ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional.

Memang, untuk tahap awal, jalan di sekitar “danau ajaib” itu yang akan digarap. Tahun ini, jalan lingkar Samosir naik status menjadi jalan nasional, yang pengembangannya didanai APBN.

“Mulai tahun ini jalan lingkar Samosir dari jalan provinsi menjadi jalan nasional, dana dari APBN. Lebar jalan menjadi tujuh meter,” ujar anggota Komisi V DPR Anton Sihombing kepada JPNN di Jakarta, kemarin (15/2).

Wakil rakyat asal Sumut yang duduk di komisi yang membidangi infrastruktur dan perhubungan itu juga menjelaskan, tahun ini juga akan ditingkatkan jalan lingkar Danau Toba sepanjang 365 Km, menjadi jalan nasional. Lebarnya akan menjadi tujuh meter, dengan ketinggian sisi kanan-kiri 1,5 meter. Dana juga sudah pasti dari APBN.

“Itu dari Dairi, Simpang Tele, Siborong-borong, Balige, Porsea, Tanjung Dolok, Saribu Dolok, dan seterusnya, nyambung, menjadi jalan nasional,” beber politikus Partai Golkar itu.

Dia juga menjelaskan, tahun ini juga akan dituntaskan pembangunan jalan tol Kualanamu-Tebingtinggi, yang saat ini sudah mencapai 83 persen. Medan-Kualanamu juga tuntas tahun ini.

Sedangkan untuk pelebaran jalan Tebing-Siantar dan Siantar-Parapat, lanjut Anton, mulai digarap 2017. “Kita juga sudah minta Dirut Kereta Api mempelajari kemungkinan dibangun jalur kereta api Siantar-Kualanamu. Karena berdasarkan data ada sekitar 2.500 orang Siantar, Simalungun, Kisaran, naik pesawat, ke Kualanamu. Ini merupakan bagian dari Kereta Api Trans Sumatera yang ditargetkan selesai 2018-2019,” terangnya.

Masih dalam rangka mendongkrak kunjungan wisatawan ke Danau Toba, tahun ini juga landasan Bandara Silangit akan diperpanjang menjadi 2.400 meter, dengan lebar dari 30 meter menjadi 45 meter. Sedangkan untuk peron dari 130 meter menjadi 800 meter.

JAKARTA – Upaya pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas internasional dibarengi dengan pembangunan infrastruktur merata di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News