Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Ditargetkan Rampung 2020

Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Ditargetkan Rampung 2020
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi ditargetkan akan selesai pada 2020.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara Groundbreaking Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi Segmen Cigombong-Cicurug, di Cicurug, Jumat (15/12).

"Saya sudah perintahkan agar jalur ganda ini segera dimulai, dan hari ini dimulai pengerjaannya. Kami harapkan Bogor-Sukabumi (jalur ganda) ini akan selesai pada 2020," ujar Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta agar pembangunan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi menggunakan program padat karya.

"Jangan memakai alat-alat berat terlalu banyak, sehingga akan banyak yang bekerja dalam proyek ini, ini penting sekali," pinta Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap jalur KA Bogor-Sukabumi bisa mengurangi kemacetan di jalan raya Sukabumi dan menjadi alternatif untuk bepergian bagi masyarakat Sukabumi.

"Melalui jalur ganda ini yang tadi hanya mengangkut 3000 orang/hari bisa mengangkut 11 ribu orang/hari. Nantinya kita memiliki jalur ganda kereta api tahun 2020, tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) 2019 selesai dan airport-nya selesai. Saya kira masyarakat akan memiliki pilihan-pilihan alternatif untuk bepergian apakah naik mobil, KA, pesawat, semuanya tersedia," papar Jokowi.

Sebelumnya, jalur KA Bogor-Sukabumi menggunakan jalur single track dengan panjang 57 Km dan 13 stasiun pemberhentian. Sementara ini, jalur tunggal kereta api antara Bogor-Sukabumi hanya beroperasi 1 KA penumpang yakni KA Pangrango dengan jumlah perjalanan sebanyak 3 kali PP dengan waktu tempuh selama 2 jam.

Jalur KA Bogor-Sukabumi diharapkan bisa mengurangi kemacetan di jalan raya Sukabumi dan menjadi alternatif untuk bepergian bagi masyarakat Sukabumi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News