Jalur Kereta Cepat Tiongkok Bakal Tembus 35 Ribu Km di Akhir 2019

Jalur Kereta Cepat Tiongkok Bakal Tembus 35 Ribu Km di Akhir 2019
Sebuah kereta peluru yang melintasi lahan persawahan di Kota Gula, Wilayah Binyang, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, Tiongkok. Foto: Xinhua/Lu Boan/ANTARA

jpnn.com, BEIJING - Jalur kereta cepat Tiongkok ditargetkan melampaui 35 ribu kilometer pada akhir tahun ini. Jika tercapai, maka Negeri Tirai Bambu akan memiliki jaringan kereta cepat terpanjang di dunia.

Menurut China Railway, Senin (25/10), panjang keseluruhan jalur kereta di Tiongkok bakal melebih 139 ribu kilometer pada 2019. Moda transportasi ini diproyeksikan melayani lebih dari 3,6 miliar perjalanan penumpang dalam setahun.

Untuk kereta cepat sendiri, tahun ini jumlah perjalanan penumpang tercatat mencapai 2,31 miliar. Jumlah itu naik 92 persen dari angka 2012.

China Railway juga menyampaikan perkembangan positif seputar proyek perkeretapian di luar negeri yang mereka garap. Termasuk kereta cepat Jakarta-Bandung di Indonesia.

Keterangan pers China Railway menyebutkan, jalur kereta Tiongkok-Laos, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan jalur kereta Hongaria-Serbia membuat kemajuan solid tahun ini.

"Perkembangan ini memberikan prestise global bagi perkeretaapian Tiongkok," tulis pihak China Railway. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Jalur kereta cepat Tiongkok ditargetkan melampaui 35 ribu kilometer pada akhir tahun ini. Jika tercapai, maka Negeri Tirai Bambu akan memiliki jaringan kereta cepat terpanjang di dunia.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News