Jalur Utama Cianjur Diterjang longsor Lagi, 2 Kendaraan Tertimbun, Ini yang Keempat Kalinya

Jalur Utama Cianjur Diterjang longsor Lagi, 2 Kendaraan Tertimbun, Ini yang Keempat Kalinya
Petugas BPBD Cianjur bersama tim gabungan langsung melakukan evakuasi longsor yang kembali menghambat arus lalu lintas menuju selatan atau sebaliknya menuju Cianjur, Jumat (20/11). Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Jalur utama Cianjur kembali diterjang tanah longsor. Kali ini terjadi di Jalur Sukanagara-Pagelaran.

Dua kendaraan dan penumpang dilaporkan tertimbun longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama satu pekan terakhir empat kali bencana alam longsor.

"Longsor yang menutup jalan utama selatan Cianjur terjadi di perbatasan Kecamatan Sukanagara-Pagelaran, tepatnya di Desa Sukarame, Kecamatan Sukanagara yang berbatasan dengan Desa Sindangkerta, Kecamatan Pagelaran. Tiga titik longsor kecil juga terjadi di Kecamatan Sukanagara," kata Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sopyan, Jumat (20/11).

Ia menjelaskan, informasinya ada dua kendaraan serta penumpangnya yang tertimbun akibat longsor di jalan utama Sukanagara-Pagelaran, namun pihaknya masih menunggu kepastian dari tim yang sudah berangkat dan laporan dari sukarelawan tangguh bencana (Retana) setempat.

"Baru katanya, satu unit mobil dan sepeda motor tertimbun, apakah ada korban jiwa atau tidak, masih menunggu kabar pasti dari petugas di lapangan," katanya.

Ia menjelaskan, longsor yang kembali menutup jalur utama selatan Cianjur itu, menyebabkan arus kendaraan dari kedua arah mengalami antrian panjang karena landasan jalan tertutup material sepanjang 20 meter dengan ketinggian beragam mulai dari 2 meter dengan lebar 5,5 meter.

Untuk melakukan proses evakuasi cepat, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait di pemkab dan pemprov untuk menurunkan alat berat karena panjang dan tingginya longsoran. Selama proses evakuasi berjalan, kendaraan diarahkan untuk menjauh dari lokasi, sebagai upaya antisipasi terjadinya longsor susulan.

Jalur utama Cianjur kembali diterjang tanah longsor. Kali ini terjadi di Jalur Sukanagara-Pagelaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News