Jam Operasional KRL Commuterline Dibatasi, Ini Daftar Jadwalnya

Jam Operasional KRL Commuterline Dibatasi, Ini Daftar Jadwalnya
Jadwal KRL commuterline dibatasi. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengurangi jam operasional komuter 04.00 sampai 20.00 WIB.

Pengurangan jam operasional itu dikarenakan menurunnya jumlah penumpang selama dua pekan terakhir.

“Atas dasar perubahan mobilitas pengguna tersebut, jam operasional disesuaikan menjadi 04.00-20.00 WIB, dengan pengurangan frekuensi kereta di luar jam sibuk. Penyesuaian jam operasional KRL ini mulai berlaku sejak, Selasa 7 April 2020, untuk seluruh lintas operasional atau rute KRL Commuter Line,” kata Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti dalam keterangan yang diterima, Sabtu (4/4).

Menurut Wiwik, jumlah pengguna KRL semakin berkurang dalam dua pekan terakhir. Wiwik mencatat jumlah pengguna telah berkurang 70 persen lebih, dari sebelumnya 900 ribu hingga 1,1 juta pengguna per hari menjadi hanya sekitar 220 ribu pengguna tiap harinya.

Oleh karena itu, lanjut dia, seiring dengan semakin berkurangnya mobilitas masyarakat dengan mengikuti imbauan untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, jam operasional KRL akan disesuaikan.

Penyesuaian waktu operasional juga sejalan dengan penyesuaian jam operasional berbagai moda transportasi publik lainnya di Jakarta. Dari data selama dua pekan terakhir, jumlah pengguna KRL telah berkurang drastis pada waktu-waktu antara lain pukul 10.00-15.00 WIB dan setelah pukul 20.00 WIB. (tan/jpnn)

Dengan penyesuaian jam operasional menjadi 04.00 sampai 20.00 WIB, mulai Selasa 7 April 2020 KRL di tiap lintas akan beroperasi dengan rincian:

1.Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP, pola operasi sebagai berikut:
- Headway (jarak waktu antarkereta) pada pagi hari: 5 – 10 menit
- Headway pada siang hari : 30 - 60 menit
- KA pertama dari Bogor tujuan Jakarta Kota: KA 1045, berangkat 04:02 WIB
- KA terakhir dari Jakarta Kota tujuan Bogor : KA 1208, berangkat 19:55 WIB

Pengurangan jam operasional commuter line dikarenakan menurunnya jumlah penumpang selama dua pekan terakhir wabah virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News