Jamaah Pulang, Kargo Naik 15 Persen

Jamaah Pulang, Kargo Naik 15 Persen
Jamaah Pulang, Kargo Naik 15 Persen
JEDDAH - Pusat-pusat perbelanjaan di Jeddah makin ramai dikunjungi jamaah haji Indonesia yang secara bertahap dipulangkan sejak Sabtu lalu (20/11). Tak ayal, volume kargo yang diangkut maskapai nasional, Garuda Indonesia, saat pemulangan haji meningkat hingga 15 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

"Kenaikan volume kargo sekitar 15 persen, nggak cukup banyak karena memang kapasitas barang bawaan jamaah sudah kami batasi," ujar General Manager PT Garuda Indonesia Arab Saudi Fikdanel Thaufik kemarin (22/11). Volume sedikit meningkat karena banyak penumpang yang membawa barang tambahan dengan tas tenteng di pesawat.

Menurut dia, kebanyakan jamaah haji membawa barang melebihi kapasitas yang telah disediakan. Akibatnya, maskapai pengangkut harus mengontrol secara ketat barang bawaan penumpang, mulai volume hingga jenis barang yang dibawa. "Kami berharap jamaah tidak membeli barang-barang yang sekiranya dapat dibeli di Indonesia. Jangan memberatkan diri sendiri dengan membawa bawaan yang superberat," tuturnya.

Kepala Daerah Kerja Jeddah PPIH Arab Saudi Ahda Barori meminta jamaah yang akan pulang ke tanah air menaati aturan tentang barang bawaan. "Setiap jamaah hanya diperkenankan membawa sebuah koper dengan berat maksimal 32 kilogram dan satu tas tenteng yang dibagikan oleh pihak penerbangan di tanah air," tegasnya.

JEDDAH - Pusat-pusat perbelanjaan di Jeddah makin ramai dikunjungi jamaah haji Indonesia yang secara bertahap dipulangkan sejak Sabtu lalu (20/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News