Jambi Zona Kuning, RS Siloam Konsisten Terapkan Konsep Clean Hospitals

Jambi Zona Kuning, RS Siloam Konsisten Terapkan Konsep Clean Hospitals
Siloam Hospitals Jambi menerapkan konsep clean hospitals. Foto: Humas Siloam for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Provinsi Jambi telah ditetapkan berstatus zona kuning pandemi COVID-19 sejak awal Juni 2020.

Meski ditetapkan sebagai zona kuning, pihak rumah sakit, yaitu Siloam Hospitals Jambi tidak menyurutkan kesiagaan dalam ikut memutus mata rantai wabah virus corona jenis baru itu.

"Kami ikut bersinergi dan mendukung langkah kerja yang dilakukan pemerintah. Zona kuning bagi layanan rumah sakit adalah sebuah kewaspadaan, yaitu memberi dukungan kepada pemerintah melalui pelaksanaan konsep clean hospitals, baik itu di lingkungan Siloam Hospitals Jambi dan sekitarnya," kata Direktur Utama Siloam Hospitals Jambi, dr Kristianus Cahyono, EMBA dalam siaran persnya, Sabtu (13/6).

Dokter Kristianus menambahkan, konsep dan pelaksanaan clean hospitals menekankan pada skrining ketat.

Di antaranya pemisahan pasien COVID-19 dan pasien non-COVID-19, menciptakan lingkungan rumah sakit yang bersih dan bebas dari risiko paparan COVID-19.

Kemudian melakukan pemeriksaan berkala kepada dokter dan staf rumah sakit.

“Konsep clean hospitals ini membuahkan hasil optimal. Contohnya dari sisi penambahan pasien dengan kecurigaan COVID-19 yang berobat ke Siloam Hospitals Jambi cenderung tidak mengalami peningkatan secara signifikan, baik dalam jumlah ODP atau PDP. Selain itu pasien konfirmasi yang dirawat di Siloam Hospitals Jambi pun sudah dinyatakan dua kali swab negatif oleh Dinas Kesehatan sehingga sudah diperbolehkan pulang," ungkap Dokter Kristianus.

Siloam Hospitals Jambi turut mengembangkan Teleconsultation yaitu layanan konsultasi jarak jauh melalui video call, sehingga pasien tidak perlu datang ke rumah sakit.

Siloam Hospitals Jambi mengembangkan Teleconsultation sehingga pasien tidak perlu datang ke rumah sakit, di tengah pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News