Jamin Soal Unas tak Bocor

Jamin Soal Unas tak Bocor
Jamin Soal Unas tak Bocor
JAKARTA - Sebanyak empat percetakan yang berada di 4 provinsi berhak mencetak naskah ujian nasional (unas) untuk SMP dan SMA. Empat perusahaan yang berada di Riau, Kudus, Semarang, dan Surabaya telah memenangkan tender yang dilakukan dan memenuhi syarat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Khairil Anwar Notodiputro mengatakan, dari sekian banyak perusahaan yang mengajukan, hanya 4 yang memenuhi standar pemerintah dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Misalnya, kapasitas mesin mampu mencetak naskah ribuan eksemplar dalam beberapa jam.

’’Percetakan ini harus mampu mencetak dalam jumlah banyak dengan waktu yang sudah ditentukan. Sebab, mereka akan menyuplai untuk daerah lain juga. Tidak hanya tempat asalnya,’’ ungkap Kharil di Jakarta kemarin (9/3).

Dijelaskan, berapa banyak provinsi yang dipegang satu percetakan beragam. Tergantung kesepakatan tender. Namun, tidak berarti pencetakan naskah dan distribusi akan telat.’’Masalah distribusi ini harus sangat diperhatikan terutama daerah-daerah yang jaraknya sangat jauh dan berada di pedalaman. Kita minta data kepada provinsi untuk bisa memprediksikan waktu pengiriman. Karena, ada beberapa daerah yang butuh 10 hari dari ibukota provinsi,’’ papar pengganti Mansyur Ramli tersebut.

JAKARTA - Sebanyak empat percetakan yang berada di 4 provinsi berhak mencetak naskah ujian nasional (unas) untuk SMP dan SMA. Empat perusahaan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News