Soal Unas Berbeda Tiap Provinsi

Mendikbud: Pro-Kontra Unas Sudah Terlambat

Soal Unas Berbeda Tiap Provinsi
Soal Unas Berbeda Tiap Provinsi
JAKARTA - Meski digoncang kritikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap menggeber pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2012. Saat ini, empat percetakan yang tersebar di empat kota sudah mulai mencetak naskah soal unas.

Panitia menetapkan, soal berbeda-beda tiap provinsi. Selain itu, ditetapkan ada lima varian soal dalam satu ruang ujian. Perkembangan pelaksanaan unas ini dibeber Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Chairil Anwar Notodiputro.

Guru besar ilmu statistik IPB itu menjelaskan, berbagai upaya yang dilakukan panitia unas tadi merupakan upaya untuk menekan potensi kecurangan unas. "Misalnya rumah, kita sudah bisa pasang teralis di seluruh lubang. Jika masih ada kecurangan, apa perlu diteralis rangkap tiga," urainya di Jakarta, Jumat (9/3).

 

Chairil mengatakan, sampai proses pencetakan naskah soal unas ini belum terdengar ada kendala atau penyimpangan. Dia mengatakan, ada empat percetakan yang ditetapkan menjadi pemenang tender. Keempat percetakan ini berada di Riau, Semarang, Kudus, dan Surabaya. Dia mengaku keempat percekatan ini sudah bia dipercaya.

 

JAKARTA - Meski digoncang kritikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap menggeber pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2012. Saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News