Jangan Asal Belok, Begini Cara Putar Balik yang Baik dan Benar

Jangan Asal Belok, Begini Cara Putar Balik yang Baik dan Benar
Tanda rambu lalu lintas saat putar balik. Foto: Daihatsu

jpnn.com - Lokasi putar balik atau u turn, kerap menjadi tempat kecelakaan antara kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil.

Oleh sebab itu, pengemudi harus konsentrasi lebih tinggi untuk memperhatikan kendaraan di sekitar serta melakukan teknik yang benar agar lebih aman.

Dalam keterangan Daihatsu, Senin (1/3), secara umum, terdapat dua teknik bagi pengendara untuk melakukan putar balik, yaitu three point turn dan u turn.

Teknik tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kondisi jalan saat berkendara.

Teknik three point turn, sesuai namanya, teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan cara melakukan tiga titik penghentian.

Untuk melakukannya, Anda harus mengatur transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil. Misalnya, mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan.

Setelah itu Anda harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri.

Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Anda bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Pengemudi mobil yang ingin melakukan putar balik rupanya ada beberapa teknik yang harus dilakukan agar lebih aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News