Jangan Boros di Masa Muda, Simak Tips Mengelola Keuangan untuk Kaum Milenial

Jangan Boros di Masa Muda, Simak Tips Mengelola Keuangan untuk Kaum Milenial
Tata cara mengelola keuangan untuk milenial. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Kaum milenial memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia bahkan diprediksi milenial akan mengisi 75 persen dari tenaga kerja secara global dalam lima tahun ke depan.

Namun, banyak dari kaum milenial yang belum bisa mengelola keuangannya dengan baik.

Tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif menjadi salah satu faktor utama para generasi milenial ini cenderung lebih suka menikmati hidup yang kerap dianggap sebagai self reward dibanding menginvestasikan kekayaannya.

Oleh sebab itu, generasi milenial ditengarai menghadapi risiko finansial lebih besar di masa mendatang akibat gaya pengelolaan keuangan yang kurang sehat.

Melihat fenomena di atas, Technical Director BRI Insurance (BRINS), Ade Zulfikar menyampaikan beberapa tips bagaimana milenial bisa mengelola keuangannya dengan lebih baik. Berikut tipsnya:

Tentukan prioritas kebutuhan kamu

Istilah YOLO (You Only Live Once) dan FOMO (Fear of Missing Out) seringkali dijadikan justifikasi kaum milenial  dalam perilaku konsumtif.

Jangan hanya secara buta mengikuti tren tanpa memahami skala prioritas kebutuhan. Milenial kerap kesulitan dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Generasi milenial ditengarai menghadapi risiko finansial lebih besar di masa mendatang akibat gaya pengelolaan keuangan yang kurang sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News