Jangan Hanya BLT, Pemerintah Harus Bantu UMKM Sampai Naik Kelas

Jangan Hanya BLT, Pemerintah Harus Bantu UMKM Sampai Naik Kelas
Pemerintah mesti mendorong UMKM sampai naik kelas. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KEBAYORAN BARU - Pemerintah tidak hanya memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk membangkitkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pascapandemi Covid-19.

Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menyatakan para pelaku UMKM tersebut bisa naik kelas dengan berbagai bantuan yang dikucurkan. 

BLT itu penting untuk mendorong kebangkitan UMKM. Namun, pendampingan perlu dilakukan agar usaha mereka bisa meningkat. 

"Bantu mereka berusaha, BLT tuh bagus. Masyarakat punya harga diri. Ketika dibantu usahanya dengan peralatan, mereka bisa memiliki martabat, punya penghasilan dan menyerap tenaga kerja lain,” ujar Anis seusai mengikuti kegiatan INSAV Festival di Jakarta, Minggu (3/7). 

Anis juga mengadvokasi kebutuhan masyarakat di dapilnya, Jakarta Timur, untuk penyaluran bantuan dari Bank Indonesia (BI). 

“Jadi, tugas saya adalah mengadvokasi bantuan-bantuan sampai kepada warga. Bantuannya langsung dari Bank Indonesia (BI) ke warga. Saya cukup bahagia ketika mereka mendapatkan hak yang seharusnya," tutur politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.  

Karena itu, dia berharap penyaluran bantuan tersebut tidak hanya sampai pada penyaluran bantuan. 

Lebih dari itu, seperti pendampingan, pelatihan, hingga para UMKM naik kelas. Diketahui, sejak menjadi anggota DPR RI periode kali ini, dia telah menyalurkan bantuan alat produksi usaha kepada 1.050 UMKM se-Jakarta Timur. 

Pemerintah harus membantu UMKM sampai naik kelas, tidak Hanya memberikan bantuan langsung tunai (BLT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News