Jangan Lupa, Masih Ada Veteran Bandung Lautan Api

Jangan Lupa, Masih Ada Veteran Bandung Lautan Api
Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) dalam acara silaturahmi dan bakti sosial bagi para veteran peristiwa Bandung Lautan Api di Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/3). Foto: IIFPG for JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Para anggota Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) berbaur dengan para veteran pejuang kemerdekaan di Hotel Aston, Bandung, Selasa (7/3). Hal itu dalam rangka bakti sosial IIFPG untuk para veteran pelaku Bandung Lautan Api.

Ketua Umum IIFPG Loemungga Gumiwang mengatakan, ada alasan tersendiri sehingga memilih Bandung sebagai lokasi bakti sosial. Yakni dalam rangka peringatan peristiwa Bandung Lautan Api.

Loemungga menuturkan, hampir setiap daerah di Indonesia punya pejuang kemerdekaan. Sedangkan Bandung punya tokoh pejuang bernama Mohammad Toha.

Istri Agus Gumiwang Kartasasmita itu menjelaskan, Mohammad Toha merupakan sosok heroik dalam peristiwa Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946. Cerita kepahlawanannya bisa disetarakan dengan Bung Tomo dalam peristiwa 10 November 1945 yang akhirnya diperingati menjadi Hari Pahlawan.

“Bandung tidak kalah, punya sosok Pahlawan yang sangat heroik. Pemuda yang baru saja menginjak usia 19 tahun kala itu, Mohammad Toha berhasil mengobarkan semangat perlawanan yang kita kenang sampai saat ini,” ujar Loemungga sebagaimana siaran pers IIFPG.

Lebih lanjut Loemungga menegaskan, jasa pahlawan bukan sekadar untuk dikenang. Sebab, semangat perjuangan para pahlawan itulah yang harus diteladani untuk konteks perjuangan saat ini.

“Dalam konteks kekinian, banyak hal yang dapat dilakukan pelajar dan pemuda Indonesia dalam mengisi kemerdekaan. Pelajar dan pemuda saat ini selain mempunyai tugas utama dalam mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka juga harus mempunyai semangat dan idealisme seorang pahlawan dalam meningkatkan kemandirian dan menjaga martabat bangsa,” urainya.

Sedangkan untuk menghormati para pejuang Bandung Lautan Api, IIFPG menggelar bakti sosial bagi sekitar 140 veteran. Mereka adalah anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bandung.

Para anggota Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) berbaur dengan para veteran pejuang kemerdekaan di Hotel Aston, Bandung, Selasa (7/3). Hal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News