Jangan Minum Obat Antidepresan Saat Galau, Nafsu Seks Bisa Menurun Lho

Jangan Minum Obat Antidepresan Saat Galau, Nafsu Seks Bisa Menurun Lho
Waspadai hal-hal yang membuat libido menurun.

jpnn.com - Hasrat bercinta seseorang atau libido bisa naik turun seiring dengan mood seseorang. Orang yang cenderung hidup sehat dan bahagia umumnya libidonya tetap tinggi dan staminanya selalu sehat.

Sebaliknya, mereka yang tidak hidup sehat cenderung cepat lelah dan malas bercinta. Akibatnya, aktivitas seksual pun menurun. Berikut beberapa faktor penyebab turunnya libido:

1. Obat Antidepresan

Kegalauan atau stres yang sangat berat membuat seseorang harus mengonsumsi obat antidepresan. Padahal, obat tersebut membuat libido menurun. Sebab, obat tersebut ikut menurunkan hormon serotonin seperti epinefrin dan dopamin. “Padahal, hormon tersebut merupakan hormat yang terlibat dalam gairah seks dan fungsi seksual,” kata ahli disfungsi seksual ob-gyn, Brett Worly, MD, seperti dilansir laman Glamour, Minggu (25/10).

Menurut studi pada 2013, 20 menit latihan intens membantu meningkatkan gairah pada wanita yang telah mengalami penurunan gairah seksual akibat obat antidepresan.

2. Kelelahan

Worly mengatakan, terjadi salah kaprah dalam menentukan waktu berhubungan seks yang tepat. Kebanyakan wanita menunggu sampai larut malam untuk berhubungan seks. Padahal, saat itu energi dan mood mereka sedang turun karena beban pekerjaan.

“Anda harus memilih waktu untuk berhubungan seks ketika Anda berada di puncak energi bukan ketika Anda merasa paling stres dan kelelahan," kata Worly.

Hasrat bercinta seseorang atau libido bisa naik turun seiring dengan mood seseorang. Orang yang cenderung hidup sehat dan bahagia umumnya libidonya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News