Ini Pentingya Orang Tua Melek Internet

Ini Pentingya Orang Tua Melek Internet
Smartphone. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - Kotak kecil yang berguna dan berbahaya. Begitulah psikolog Dra Sri Wahyuningsih MKes mengistilahkan gawai. Lantaran kotak kecil itu, anak-anak bisa menyerap berbagai informasi.

Tak hanya yang berguna, tapi ada juga konten yang tidak seharusnya mereka lihat pada usia belia.

”Padahal, mustahil memisahkan anak-anak generasi Z ini dengan gawai,” ucapnya dalam safari Jawa Pos For Her Tangkis bersama Antangin JRG di Nation Star Academy Surabaya kemarin (17/11).

Itje, sapaan Sri Wahyuningsih, menyatakan, anak-anak yang terlahir pada era akhir 1990-an hingga 2010 besar di tengah lingkungan yang berteknologi canggih.

Karena itu, anak-anak zaman now pun sering kali lebih maju ketimbang orang tuanya. Apalagi, mereka bisa mengakses beragam info lewat gawainya.

”Solusinya, orang tua harus melek internet. Jangan sampai kalah saing dengan anaknya,” tegas dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya itu. Meski demikian, orang tua tidak perlu khawatir berlebihan. Termasuk ketika anak mulai mengenal istilah maupun konten yang dinilai tidak sesuai usia.

Itje memberikan contoh, anak bertanya arti kata perkosa. Buat anak, itu kata yang asing. Tapi, orang tua sudah mengecap anaknya buka-buka situs nggak bener. Padahal, menurut psikolog spesialis tumbuh kembang itu, konten dewasa bisa didiskusikan baik-baik dengan anak. Tanpa khawatir risi atau dicap tabu.

”Lebih baik anak ngobrol seputar hal itu dengan orang tua daripada dengan temannya, kan? Arahnya lebih jelas. Dan orang tua bisa tahu sejauh mana anaknya paham tentang konten dewasa,” papar Itje.

Anak-anak zaman now pun sering kali lebih maju ketimbang orang tuanya

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News