Jangan Sebarkan! Kode-kode di Meteran Listrik Itu Bukan Rahasia

Jangan Sebarkan! Kode-kode di Meteran Listrik Itu Bukan Rahasia
Foto: Hoaks

jpnn.com, SURABAYA - Demi mendapatkan uang dari iklan Google, tega membuat dan menyebarkan artikel hoaks berjudul bombastis.

Tujuannya tentu agar banyak di-share dan menjadi viral. Salah satu yang banyak beredar ialah artikel terkait dengan kode dalam meteran listrik prabayar.

Kebanyakan artikel itu diberi judul yang hampir sama. Antara lain, ’’Bantu Sebarkan!! Ini Dia Kode Rahasia Yang Bisa Membuat TOKEN LISTRIK Anda Lebih Hemat...’’.

Melihat judul tersebut, seolah-olah si pemilik blog membagikan kode rahasia di balik meteran listrik prabayar. Jika jeli dan membaca betul artikel semacam itu, sebenarnya tak ada rahasia yang dibongkar si pemilik blog.

Tak ada juga cara menghemat pemakaian listrik. Si pembuat artikel hanya menyajikan informasi tentang kode-kode dalam meteran listrik prabayar yang memiliki fungsi umum.

Misalnya, kode 41. Dengan menekan angka tersebut di meteran listrik prabayar, pengguna akan mendapat informasi mengenai voltase listrik.

Begitu juga kode 456xx untuk mengubah batas minimum alarm berbunyi. Banyak kode yang dituliskan. Sebab, berbeda merek meteran listrik, memang berbeda kodenya.

Sebenarnya tak ada yang rahasia dalam kode-kode yang disajikan di artikel itu. Semuanya bersifat umum. Cuma, mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.

Demi mendapatkan uang dari iklan Google, tega membuat dan menyebarkan artikel hoaks berjudul bombastis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News