Jangan Sembarangan Upload Foto Anak di Medsos

Jangan Sembarangan Upload Foto Anak di Medsos
Ilustrasi Facebook. Foto: pixabay

jpnn.com, MANADO - Kebiasaan mengunggah foto anak di medsos bahkan kerap kali berlangsung semenjak buah hati masih di dalam kandungan. Foto saat bunda hamil.

Perilaku suka menggunakan foto anak di medsos yang dikenal dengan istilah narsis itu, telah menjadi kebiasaan baru orangtua di era digital. Namun tak banyak yang menyadari, terlalu sering narsis dengan memajang foto anak di medsos, ada bahaya yang tersembunyi.

Beberapa di antaranya adalah bahaya paedofil (gangguan kepribadian berupa ketertarikan seksual terhadap anak-anak), sampai kemungkinan penculikan.

Diungkapkan Hanna Monareh MPsi, Psikolog Klinis, mengunggah foto anak di medsos sebenarnya tidak masalah. Pasalnya setiap orang punya cara tersendiri menyimpan kenangan termasuk di-upload ke medsos. “Pemikiran kita sering kali bahwa kalau hanya simpan di ponsel bisa hilang,” sebut Monareh, seperti diberitakan Manado Post (Jawa Pos Group).

Namun ia menyarankan agar foto-foto anak yang diposting, tetap dijaga privacy-nya. “Orangtua harus lebih beredukasi dalam memposting, misalnya nama sekolah, tempat tinggal anak, diharapkan tidak terekspose di media sosial,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, kejahatan lewat media sosial saat ini semakin meningkat. “Para pelaku pedofilia ada di sekitar kita, bahkan orang terdekat kita. Sehingga peran orangtua dalam mengedukasi anak itu sangat penting,” ujarnya.

“Terus komunikasi penyampaian bahasa harus melihat perkembangan anak. Anak-anak juga harus dilatih untuk menjaga diri mereka sendiri,” pungkas Ketua Ikatan Psikolog Klinis Sulawesi Utara ini.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebutkan, teknologi dan internet merupakan pisau bermata dua. Oleh karena itu seseorang harus bisa bijak menggunakannya.

Banyak orangtua gemar meng-upload ke media sosial (medsos) foto anaknya yang masih di bawah umur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News