JPNN.com

Jangan Sepelekan Manfaat Kencur Saat Berpuasa

Sabtu, 25 Mei 2019 – 21:31 WIB Jangan Sepelekan Manfaat Kencur Saat Berpuasa - JPNN.com

jpnn.com - Salah satu rempah khas Indonesia yang cukup populer adalah kencur. Pemakaian kencur biasanya untuk menyedapkan masakan. Akan tetapi, bagi Anda yang menjalankan puasa, beragam manfaat kencur bisa Anda dapatkan.

Saat berpuasa, Anda akan kehilangan cairan karena tidak minum lebih dari 12 jam. Akibatnya, tenggorokan akan kering dan rentan mengalami dehidrasi, sehingga berisiko tinggi mengalami radang tenggorokan. Mengenai hal ini, dr. Sepriani Timurtini Limbongdari KlikDokter turut menjelaskan. 

"Secara spesifik kurang minum bukanlah penyebab radang tenggorokan. Namun, kurang minum jelas mengakibatkan dehidrasi. Dampaknya tenggorokan menjadi kering, dan bisa meningkatkan radang tenggorokan," ujarnya.

Meski demikian, bagi sebagian orang yang mengalami radang tenggorokan, kencur sering dipakai sebagai salah satu solusi. Tapi bagaimana medis melihat solusi ini?

Kencur untuk menyembuhkan radang tenggorokan

Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, kencur yang kaya akan kandungan zat sitotoksik dan antibakteri ini dipercaya dapat membantu mengatasi radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes.

Rempah yang bernama latin curcuma zedoaria ini ternyata memiliki sifat antiradang. Itu akhirnya bisa membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan tersebut.

"Selain dapat membantu menonaktifkan bakteri penyebab radang tenggorokan, kencur juga dapat meredakan sensasi nyeri, panas, dan demam akibat penyakit tersebut," ujar dr. Melyarna.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...