Jangan Terkecoh, Yuk Kenali Gejala HIV

Jangan Terkecoh, Yuk Kenali Gejala HIV
Aktivis Tasikmalaya Suarakan Pemberantasan HIV AIDS Ilustrasi by:

jpnn.com - HIV adalah virus yang menyebar melalui cairan tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh, terutama sel T.

Pada fase awal, gejala HIV bisa saja mirip dengan gejala penyakit lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang terjadi pada penderita agar dapat lebih waspada.

Seiring dengan berjalannya waktu, virus HIV akan menghancurkan sel-sel yang berperan membentuk kekebalan tubuh hingga akhirnya tubuh Anda tidak mampu melawan kuman penyebab infeksi yang menyerang.

Infeksi oportunistik dan kanker mengambil kesempatan ini untuk semakin berkembang dan bertambah parah.

Apa itu HIV?

HIV atau kependekan dari Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) apabila tidak ditangani dengan benar. AIDS merupakan kumpulan gejala-gejala yang timbul akibat infeksi dari virus HIV.

Tidak seperti virus lainnya yang dapat dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh, virus HIV tetap akan ada di dalam tubuh walaupun sudah diberikan pengobatan. Jadi dengan kata lain, jika sudah terinfeksi virus HIV, maka penderita selamanya akan memiliki virus HIV di dalam tubuhnya.

HIV dapat ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh dengan seseorang yang sebelumnya sudah terinfeksi.

Pada fase awal, gejala HIV bisa saja mirip dengan gejala penyakit lainnya. Karena itu, Anda perlu mengetahui gejala-gejala HIV.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News