Janji Mas Nadiem pada Hari Guru Sedunia, Ada Soal Kesejahteraan GTK

Janji Mas Nadiem pada Hari Guru Sedunia, Ada Soal Kesejahteraan GTK
Janji Mendikbud Nadiem Makarim pada hari Guru Sedunia. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengapresiasi peran penting guru Indonesia yang terus berjuang memastikan setiap anak mendapatkan layanan pendidikan di masa pandemi, meskipun menghadapi berbagai tantangan dan keterbatasan.  

“Kami berupaya membantu dan mendukung pendidik dan tenaga kependidikan dengan menghadirkan beragam paket kebijakan,” kata Menteri Nadiem dalam peringatan Hari Guru Sedunia secara daring, Selasa (12/10). 

Beberapa paket kebijakan yang diperuntukkan untuk mendukung para guru di antaranya relaksasi dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang dapat digunakan untuk membayar honor bagi guru non-PNS.

Kemudian menyalurkan bantuan subsidi upah bagi pendidik non-PNS, hingga kurikulum darurat yang lebih sederhana dan memudahkan guru melaksanakan pembelajaran di masa khusus. 

“Kami juga mengembangkan platform guru belajar dan berbagi sehingga para guru bisa belajar dari rekan sejawatnya dalam mengembangkan pembelajaran,” tutur Menteri Nadiem.

Saat ini, dunia pendidikan Indonesia telah memasuki babak baru dengan mulai dilaksanakannya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Peranan guru dinilai sangat penting dalam suksesnya PTM terbatas dan menghadirkan layanan pendidikan yang aman dan nyaman. 

“Berkat ketangguhan ibu dan bapak, kita telah berhasil melewati masa yang penuh tantangan," ujarnya.

Menteri Nadiem juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas pengabdian para guru Indonesia yang terus bergerak menghadirkan layanan pendidikan di tengah segala keterbatasan.

Mendikbudristek Nadiem memberikan beberapa janji kepada guru tenaga kependidikan atau GTK pada Hari Guru sedunia