Janji Siapkan SMK Perikanan di Cirebon

Janji Siapkan SMK Perikanan di Cirebon
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum. Foto: dok jpnn

jpnn.com, CIREBON - Calon Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan komitmennya untuk mendorong Kementerian Pendidikan agar membangun SMK Perikanan di kabupaten yang memiliki potensi perikanan dan kelautan.

Menurutnya, daerah Pantura seperti Cirebon, Indramayu, Subang, Pangandaran, sangat layak memiliki SMK Perikanan.

"Hadirnya SMK Perikanan di kawasan pesisir pantai utara ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan SDM dibidang perikanan dan industrinya," kata Kang Uu sapaan akrabnya usai berkunjung ke kampung nelayan di Desa Gebang, Kabupaten Cirebon.

Menurut dia, banyak persoalan para nelayan, karena kurangnya transfer ilmu pengetahuan tentang Perikanan.

Jika ada SMK perikanan di daerah yang memiliki potensi kelautan, maka anak-anak muda di desa nelayan tak usah pergi jauh-jauh ke kota untuk sekolah perikanan.

"SMK Perikanan adalah tempat mereka menggali teori-teori tentang teknologi perikanan, aplikasinya adalah laboratorium di hadapan mereka, yakni laut yang luas yang menyimpan potensi perikanan yang begitu besar," kata Peraih Satyalencana 2016 dari Presiden Joko Widodo ini.

Menurut dia, melalui sekolah perikanan, para siswa akan diperkenalkan dengan teknologi yang mendukung sektor tersebut, mulai dari teknologi penangkapan ikan hingga industri pengolahan ikan yang lebih modern.

Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri ada SMKN 2 Perikanan di Desa Cipatujah, sehingga anak-anak di desa itu tak perlu pergi ke kota untuk sekolah berbasis kemaritiman.

Beberapa wilayah di Jawa Barat berpotensi perikanan dan kelautan sehingga dibutuhkan tempat pendidikan seperti SMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News