Jansen Demokrat: Mari Beri Kesempatan Pak Jokowi Merealisasikan Pidatonya

Jansen Demokrat: Mari Beri Kesempatan Pak Jokowi Merealisasikan Pidatonya
Presiden Jokowi bicara perlunya darurat sipil untuk mendampingi pembatasan sosial berkala besar untuk atasi virus corona: Ilustrasi Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrat demisioner Jansen Sitindaon mengajak mengawal pidato terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan virus Corona atau COVID-19. Terutama yang berkaitan dengan pembelian alat-alat kesehatan dan upgrade 132 Rumah Sakit.

Sebab, kata Jansen, alat pelindung diri (APD) maupun fasilitas di rumah sakit-rumah sakit sekarang ini menjadi kebutuhan mendesak, di tengah wabah COVID-19 yang semakin meluas. Terlebih, jumlah korban terinfeksi semakin banyak.

"Semoga besok pagi sudah bisa dikerjakan. Sehingga tak ada lagi keluhan Ikatan Dokter Indonesia soal APD tidak siap. Harusnya sejak dua bulan lalu ini sudah dilakukan. Jadi, mari kita beri kesempatan Pak Jokowi merealisasikan pidatonya," ucap Jansen kepada jpnn.com, Selasa malam (31/3).

Diketahui bahwa Presiden Jokowi telah menyampaikan penyiapan anggaran untuk bidang kesehatan sebesar Rp75 Triliun dari total Rp405,1 triliun dana yang disiapkan untuk penanganan tanggap darurat COVID-19.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk perlindungan tenaga kesehatan, terutama pembelian APD, alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, seperti test kit, reagen, ventilator, hand sanitizer dan lain-lain sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Kemudian, untuk melakukan upgrade terhadap 132 rumah sakit rujukan bagi penanganan pasien Covid-19, termasuk di Wisma Atlet. Pemerintah juga mengalokasikan insentif bagi dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya setiap bulannya. Serta santunan kematian tenaga medis Rp300 juta.

BACA JUGA: Tiga Terdakwa Pembunuh Hakim PN Medan Jamaluddin Terancam Hukuman Mati

"Kita berharap mulai besok, pascapidato Pak Jokowi yang mengalokasikan Rp75 triliun untuk bidang kesehatan, penanganan corona ini tak lagi amburadul. Orang datang ke Rumah Sakit tidak lagi terbengkalai. Segera dan secepatnya pemerintah belanjakan uang Rp75 T ini. Uang rakyat kembali ke rakyat," tandas Jansen.(fat/jpnn)

Ketua DPP Partai Demokrat demisioner Jansen Sitindaon mengajak mengawal pidato terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan virus Corona atau COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News