Jaringan Gas ke Rusun Marunda Mulai Dioperasikan

Jaringan Gas ke Rusun Marunda Mulai Dioperasikan
Jaringan Gas ke Rusun Marunda Mulai Dioperasikan

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bersama-sama meresmikan penyaluran gas bumi di rumah susun (rusun) Marunda, Jakarta Utara, Kamis (25/6).

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga ini merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi dan menekan subsidi BBM serta mendorong penggunaan energi yang lebih bersih.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Edy Hermantoro mengatakan penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di rusun Marunda ini merupakan tahap awal pengoperasian jaringan gas di rusun Jabotabek. "Selanjutnya PGN akan melakukan pengoperasian jargas di rusun yang lain secara bertahap," ujar Edy di Jakarta, Kamis (25/9).

Melalui sinergi yang melibatkan pemerintah pusat, PGN dan Pemprov DKI, masyarakat di rusun Marunda dapat memanfaatkan gas bumi yang lebih murah, ramah lingkungan dan aman.

"Sinergi ini adalah kunci bagi upaya percepatan pemanfaatan gas bumi yang terus diupayakan oleh pemerintah. Oleh karena itu kementerian ESDM akan terus mendorong BUMN dan stakeholder lain seperti pemerintah daerah untuk memperluas pemanfaatan gas bumi di berbagai wilayah di Indonesia," seru dia.
 
Di tempat yang sama, Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso menjelaskan, pada tahap awal terdapat sebanyak 500 unit rumah di kluster A yang sudah terpasang pipa gas PGN. Untuk selanjutnya akan menyusul sebanyak 200 unit rumah di sana. Dari jumlah tersebut 280 unitnya telah dialiri gas PGN yang nantinya secara bertahap seluruh rumah dapat merasakan manfaat gas bumi PGN.

"PGN akan terus mendukung langkah-langkah Kementerian ESDM dan Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan konversi BBM ke gas bumi yang terbukti lebih efisien, ramah lingkungan dan aman. Dengan gas bumi kita bersama-sama mewujudkan Indonesia yang makmur dan mewariskan lingkungan yang bersih kepada anak cucu kita nanti," ajak Hendi.
 
Menurut Hendi, peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga di Jakarta merupakan bagian dari Program PGN Sayang Ibu, yaitu program sejuta sambungan gas bumi bagi rumah tangga di Indonesia. Program yang diinisiasi oleh PGN ini merupakan bukti komitmen dan konsistensi PGN dalam mewujudkan konversi ke gas bumi, khususnya di sektor rumah tangga.
 
"Melalui pemanfaatan gas bumi masyarakat sesungguhnya telah ikut berpartisipasi secara langsung untuk mengurangi beban subsidi pemerintah di sektor energi yang terus meningkat. PGN siap untuk bersinergi mewujudkan konversi ke gas bumi," tegas Hendi. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bersama-sama meresmikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News