Jasa Marga Lanjutkan Kontrak Suramadu

Jasa Marga Lanjutkan Kontrak Suramadu
Jasa Marga Lanjutkan Kontrak Suramadu
SURABAYA--Masa kontrak kerja sama Jasa Marga dengan Pemerintah memang sudah berakhir. Tapi, BUMN jalan tol itu tampaknya masih menjadi kandidar kuat sebagai operator dari jembatan ikon Jatim itu.

Kepala Bagian Manajemen Lalu Lintas PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol mengatakan, kontrak Jasa Marga sebagai operator jembatan tersebut sudah berakhir bulan September lalu. Sekarang sedang melalui proses tender dengan pihak pemerintah dalam kontrak enam tahun ke depan. Belum ada kesepakatan, sebab masih banyak yang perlu dibicarakan. Misalnya, masalah ketentuan pemeliharaan fasilitas lain seperti penerangan jalan umum.

Kepala Gerbang Tol Suramadu Suharyono menambahkan, peluang Jasa Marga untuk melanjutkan kontrak tersebut terhitung besar. Pasalnya, santer terdengar peserta tender yang mendaftar sampai saat ini hanya Jasa Marga. Menurutnya, pihak swasta tak ada yang tertarik sebab sistem kontraknya sebagai operator berupa nilai kesepakatan awal, bukan bentuk pembagian laba.

Dia mengaku, Jasa Marga hanya mendapat Rp 10,8 miliar sebagai upah menjadi operator dalam 1,5 tahun terakhir. Itupun, bisa didapat setelah masa kontrak selesai. "Selama pengoperasian, pemasukan harus kami setor langsung ke rekening pemerintah. Sedangkan pengeluaran kami seperti gaji 89 karyawan harus kami tanggung dulu," jelasnya.

SURABAYA--Masa kontrak kerja sama Jasa Marga dengan Pemerintah memang sudah berakhir. Tapi, BUMN jalan tol itu tampaknya masih menjadi kandidar kuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News