Jasa Raharja Rampungkan Kegiatan Relawan Bakti BUMN 2023 di Wakatobi

Jasa Raharja Rampungkan Kegiatan Relawan Bakti BUMN 2023 di Wakatobi
PT Jasa Raharja sukses menggelar kegiatan Relawan Bakti BUMN batch III 2023 di Wakatobi. Foto dok Jasa Raharja

jpnn.com, WAKATOBI - PT Jasa Raharja sukses menggelar kegiatan Relawan Bakti BUMN batch III 2023 di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara, yang digelar pada 7–10 Maret 2023.

Pelaksanaan kegiatan Relawan Bakti BUMN sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, di mana BUMN tak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian, melainkan juga dalam segi sosial.

"Para pegawai BUMN harus mampu meningkatkan jiwa kerelawanan dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara," ujar Erick, Selasa (7/3).

Kegiatan Relawan Bakti BUMN di Wakatobi digelar di Desa Kulati Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara dengan goal menciptakan Desa Kulati, sebagai Desa Sustainability untuk penanganan issue mikroplastik dan pemberdayaan perempuan pesisir lewat program edukasi dan literasi pengolahan produk ikan dan pemasarannya.

Kegiatan ini melibatkan 15 orang relawan yang terpilih dari berbagai BUMN dengan program utama antara lain sosialisasi dan edukasi bahaya sampah plastik untuk ekosistem laut di SDN 01 Kulati dan Balai Desa Kulati yang diikuti eleman masyarakat.

Kemudian pemetaan 3 pantai, pembersihan pantai dari sampah plastic termasuk pengolahan sampah menjadi bahan bakar dan paving block, festival laying laying, pengolahan ikan simba bersama perempuan pesisir Desa Kulati dan berbagai program lainnya untuk berkelanjutan Desa Kulati.

Deputi bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, dalam hal pemilihan kegiatan di tiap wilayah, telah dilakukan social mapping & analysis atas isu-isu yang menjadi perhatian di masyarakat tersebut.

Hal ini sejalan dengan fokus prioritas Program TJSL BUMN yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir, yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

PT Jasa Raharja sukses menggelar kegiatan Relawan Bakti BUMN batch III 2023, yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN di 10 Lokasi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News