Jatah Freeport: Ical 10 Persen, Sudirman Said dan Setya Novanto Dapat Berapa Ya?

Jatah Freeport: Ical 10 Persen, Sudirman Said dan Setya Novanto Dapat Berapa Ya?
Ketua DPR Setya Novanto. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Polemik seputar rekaman percakapan Ketua DPR Setya Novanto dengan petinggi PT Freeport Indonesia yang diduga mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, menjadi salah satu isu politik terhangat saat ini.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna menduga langkah Menteri ESDM Sudirman Said untuk membuka rekaman percakapan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) dengan petinggi PT Freeport Indonesia, tidak lepas dari usaha kelompok yang diwakili Setya Novanto dan Sudirman Said untuk dapat porsi saham PT Freeport Indonesia.

“Saya duga Setya Novanto dan Sudirman Said mewakili kelompok tertentu yang ingin mendapatkan saham Freeport. Sudirman Said mati-matian memperpanjang kontrak Freeport mungkin merasa kalah kuat dengan langkah loby Setya Novanto yang memang ulung. Makanya, karena terdesak, dia pun mengeluarkan jurus jitu rekaman loby itu,” kata Budyatna di Jakarta, Minggu (29/11).

Novanto sendiri, menurut Budiyatna, belajar dari pengalaman seniornya yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical) yang lebih dulu menikmati lezatnya saham PT Freeport pada era Orde Baru karena pemerintah melepas jatah divestasi saham Freeport kepada swasta saat itu.

“Saat itu banyak yang menikmati Freeport termasuk Menteri Pertambangan dan Energi saat itu, Ginandjar Kartasasmita yang memperpanjang kontrak Freeport jauh sebelum habis kontraknya. Ical pun menikmati kebijakan Orde Baru yang mewajibkan Freeport melepas sahamnya sebesar 10 persen,” tambahnya.

Saat itu, Freeport melepas sahamnya sebesar 10 persen dan pemerintah melalui Menteri Keuangan saat itu JB Sumarlin mengatakan bahwa pemerintah tidak memiliki uang untuk membeli saham Freeport.

“Itu alasan saja bahwa pemerintah tidak punya uang. Itu permainan agar saham Freeport jatuh ke kelompok penguasa saat itu yang kebetulan diwakili oleh Ical. Ical dan Ginandjar-lah, saya kira yang paling menikmati saat itu,” ungkapnya.

Karena itu, Budyatna yakin bahwa jika Novanto mendapatkan jatah saham sebesar 20 persen dari penjualan saham Freeport dan bukan diberikan begitu saja. Karena hal itu tidak mungkin bisa dilakukan, maka ada peran pemerintah di sini.

JAKARTA – Polemik seputar rekaman percakapan Ketua DPR Setya Novanto dengan petinggi PT Freeport Indonesia yang diduga mencatut nama Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News