Jateng Jadi Provinsi Penyalur KUR Terbesar Se-Indonesia, Ganjar: Kawan-kawan Kerjanya Hebat

Jateng Jadi Provinsi Penyalur KUR Terbesar Se-Indonesia, Ganjar: Kawan-kawan Kerjanya Hebat
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok humas pemprov Jateng

jpnn.com, JAWA TENGAH - Jawa Tengah (Jateng), berhasil menjadi provinsi dengan penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM terbesar se-Indonesia pada 2022, yakni dengan nilai penyaluran sebanyak Rp 55,27 triliun.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan per Rabu (26/10), nilai penyaluran KUR nasional mencapai Rp 295,2 triliun. Nilai tersebut meningkat 4,2% jika dibandingkan 2021 yang sebesar Rp 283,34 triliun.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, capaian tersebut merupakan hasil kinerja Pemprov Jateng beserta seluruh jajaran pemkab dan pemkot Jateng dalam mengembangkan sektor UMKM.

"Tahun lalu juga kami tertinggi, kalau hari ini tertinggi lagi kawan-kawan berarti kerjanya hebat karena kebijakan KUR itu sebenarnya daerah hanya butuh lebih kreatif saja," ujar Ganjar dalam keterangannya, Senin (9/1).

Selama dua periode kepemipinan Ganjar Pranowo, Provinsi Jateng telah menjadi provinsi yang menjadi kiblat dunia UMKM di tingkat nasional.

Hal itu membuat Jateng sering dijadikan daerah untuk belajar UMKM oleh provinsi lain.

Menurut Ganjar, jika pendistribusian KUR yang digelontorkan pemerintah pusat bisa dilakukan dengan cepat dan efektif, maka tak hanya menyerap pendapatan daerah saja, tetapi juga menguntungkan banyak pihak, khususnya pelaku usaha UMKM.

"Maka tugas kami memfasilitasi itu dan itu membuat ringan pemerintah daerah," jelas Ganjar.

Menurut Ganjar, jika pendistribusian KUR yang digelontorkan pemerintah pusat bisa dilakukan dengan cepat dan efektif, maka tak hanya menyerap pendapatan daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News