Jateng Juara Gala Siswa Indonesia Tingkat Nasional 2019

Jateng Juara Gala Siswa Indonesia Tingkat Nasional 2019
Laga Final GSI 2019 jenjang SMP. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih juara kompetisi sepak bola jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional tahun 2019.

Pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan, Jakarta, tim Provinsi Jawa Tengah berhasil mengalahkan tim Provinsi Bali dengan skor 1-0.

“Kepada para pemenang saya ucapkan selamat, khususnya kepada tim provinsi Jawa Tengah. Juga saya ucapkan selamat kepada tim Provinsi Bali, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat yang berhasil masuk semi final dan final. Terima kasih kepada para pelatih, pembimbing, dan para sponsor kegiatan GSI 2019,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy, saat menutup kompetisi GSI tingkat nasional 2019, di GMBS Kuningan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Dia mengatakan, pergelaran kompetisi GSI akan terus berlanjut dan akan terus mengalami peningkatan. Dari sini akan lahir kelak pemain-pemain yang hebat yang akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

"Saya berharap dari peserta GSI ini akan bisa dilacak, dideteksi talenta-talenta unggul di dunia persepakbolaan Indonesia. Dengan begitu kita harap dari 286 juta penduduk Indonesia, akan ada paling tidak 11 pemain Indonesia yang bisa berbicara di ajang persepakbolaan dunia," ujarnya.

Kompetisi tahun ini, menurut Muhadjir, digarap secara lebih serius, baik dari kesiapan panitia, pelatih, maupun peserta. Jika dilihat mereka sudah bisa bermain tim dan mengatur taktik serta strategi di lapangan.

"Kalau soal kemampuan powernya, ya memang karena mereka anak-anak SMP dan mungkin karena kompetisinya terlalu mepet, sehingga ada faktor-faktor non teknis seperti kelelahan dan seterusnya, dan juga pertandingannya yang dilakukan siang hari tentu saja sangat berpengaruh. Namun secara umum saya lihat mereka sangat bagus. Dibanding tahun lalu, permainan di lapangannya sudah sangat indah, enak ditonton, betul-betul sepak bola serius,” terangnya.

Sebagai juara kompetisi GSI 2019 tim provinsi Jawa Tengah mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Kemendikbud sebesar Rp150 juta. Sementara itu, tim Provinsi Bali yang keluar sebagai juara 2 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp100 juta.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, pergelaran kompetisi Gala Siswa Indonesia alias GSI akan terus berlanjut dan akan terus mengalami peningkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News