Juara Gala Siswa Indonesia Bakal Dikirim ke Klub Ternama Level Dunia

Juara Gala Siswa Indonesia Bakal Dikirim ke Klub Ternama Level Dunia
Ditjen GTK Kemendikbud Supriano didampingi perwakilan dari KONI dan PSSI. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kompetisi sepakbola Gala Siswa Indonesia ( GSI ) jenjang SMP kembali digelar Kemendikbud. Perhelatan yang kedua ini merupakan hasil besutan Kemendikbud bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Juara kompetisi ini akan dikirim ke klub sepakbola ternama dunia. Tahun lalu, menurut Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Supriano, pemenangnya dikirim ke Italia, bertemu dengan pemain Juventus.

"Tahun lalu yang juara satu kami kirim ke Italia di klub Juventus. Di samping juara ada juga anak yang punya talenta sepakbola, kami kirim ke Jepang untuk melakukan pelatihan di sana. Saya rasa wadah inilah yang bisa menjadi harapan anak-anak," kata Dirjen Ono usai membuka rakornas GSI 2019 di Jakarta, Selasa (23/7).

Dengan mengirimkan para jawara ke klub ternama dunia, lanjut Dirjen Ono, sapaan akrab Supriano, memberikan pengalaman berharga bagi siswa di tingkat internasional.

BACA JUGA: Hanya 3 PTN di Indonesia Masuk Daya Saing Dunia

Jika di GSI 2018, Kemendikbud kerja sama dengan Juventus, tahun depan kemungkinan bisa ke klub ternama lainnya. Yang pasti wadah dan sistemnya sudah jelas. Apakah nanti para siswa ini bisa jadi pemain terbaik tergantung PSSI dan klub.

"Ada beberapa pemain dari GSI ini yang diincar oleh klub-klub bagus di Indonesia. Itu harapan kami ke depan, jebolan GSI bisa dimanfaatkan oleh klub-klub atau PSSI sendiri. Jadi enggak perlu repot-repot lagi cari pemain," bebernya.

Direktur Pembinaan SMP Poppy Dewi Puspitawati mengatakan, perhelatan GSI tahun ini sudah dimulai dengan seleksi tingkat kecamatan yang diikuti 2.511 tim, berlangsung pada 1 Februari sampai 15 April 2019.

Juara Kompetisi sepakbola Gala Siswa Indonesia ( GSI ) jenjang SMP akan dikirim ke klub ternama level dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News