Jatim Siap Kembangkan Garam Industri

Jatim Siap Kembangkan Garam Industri
Jatim Siap Kembangkan Garam Industri
SURABAYA-Jatim akan mengembangkan proyek percontohan untuk produksi garam industri pada tahun depan. rencana itu menyusul setelah produksi garam konsumsi mencapai swasembada yang ditargetkan tercapai pada tahun ini. Selama ini, pemenuhan garam industri melalui impor yang jumlahnya secara nasional mencapai 1,8 juta ton.

Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jatim Eryono mengatakan rencana pengembangan produksi garam industri itu siap dilakukan pada triwulan pertama tahun depan. "Saat ini kami sedang menyusun rancangan untuk proyek percontohan tersebut," katanya saat ditemui di kantor Rabu (14/11).

Secara garis besar, lanjut dia, pengembangan garam industri tersebut akan berupaya untuk meningkatkan kualitas dengan menerapkan sistem geomembran, sehingga kadar NaCl bisa di atas 97 persen. Selama ini rata-rata kadar NaCl garam konsumsi di Jatim sekitar 85-95 persen. Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan kelompok-kelompok petani.

"Tercatat ada 902 kelompok, dan masing-masing kelompok akan mengembangkan lahan seluas satu hektare untuk memproduksi garam industri. Total lahan bisa mencapai 902 hektare. Untuk meningkatkan kandungan NaCl, kami akan menerapkan sistem geomembran, sehingga bisa menekan tingkat kekotoran garam. Selain itu dapat memperpendek masa produksi garam, dari biasanya 14 hari menjadi 7 hari," urainya.

SURABAYA-Jatim akan mengembangkan proyek percontohan untuk produksi garam industri pada tahun depan. rencana itu menyusul setelah produksi garam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News