Jauhi Zona Merah! 5 Kecamatan Diselimuti Abu Gunung Sinabung

Jauhi Zona Merah! 5 Kecamatan Diselimuti Abu Gunung Sinabung
Pengendara sepeda motor di Desa Tiga Pancur, Karo, Sumatera Utara menutupi wajahnya dari abu Gunung Sinabung, Rabu (2/8). Foto: Ivan Damanik/AFP

jpnn.com, KARO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ‎(BPBD) Karo, Kamis (3/8) pagi ini membagikan masker kepada warga, khususnya anak-anak sekolah. Hal ini dilakukan mengingat abu vulkanik dari Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara masih terus menyelimuti pemukiman warga.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten, Karo‎, Natanail Peranginangin mengatakan tercatat abu vulkanik menyelimuti pemukiman warga pada lima kecamatan seperti Kecamatan Payung, Simpang Empat, Naman Teran, Tiga Nderket dan Kabanjahe.

"Ini akibat erupsi yang terjadi sejak Rabu kemarin. Total ada dua ribu masker yang kami bagikan," katanya seperti dikutip dari RMOLSumut, Kamis (3/8).

Natanail menambahkan, selain membagikan masker kepada warga, pihaknya juga melakukan pembersihan abu vulkanik dari atap-atap rumah warga, sekolah dan pada tanaman di ladang mereka. "Kami bekerja sama dengan pihak terkait seperti pemadam kebakaran," ujarnya.

BPBD Karo kembali mengingatkan agar seluruh masyarakat menjauhi zona merah dibawah kaki Sinabung. Hal ini untuk mencegah munculnya korban akibat erupsi yang selalu disertai dengan luncuran awan panas. (rgu)


Badan Penanggulangan Bencana Daerah ‎(BPBD) Karo, Kamis (3/8) pagi ini membagikan masker kepada warga, khususnya anak-anak sekolah. Hal ini dilakukan


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News