Jawa Tengah Gencar Siapkan Stok Plasma Konvalesen

Jawa Tengah Gencar Siapkan Stok Plasma Konvalesen
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Foto: source for JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, meminta Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah bersiaga menyiapkan stok plasma konvalesen sebagai antisipasi kasus covid-19 anak di Jateng.

Menurutnya, hingga saat ini stok plasma konvalesen di Jawa Tengah masih mencukupi jika dibutuhkan.

Berdasar catatannya, stok plasma konvalesen di Jawa Tengah sampai 26 September 2021, mencapai sekitar 1.109 kantong.

Namun, lanjutnya, jika perlu, seluruh penyintas diminta secara sukarela agar mau mendonorkan plasma konvalesen sebagai tambahan.

"Kita harus berjaga-jaga. Jangan sampai kasusnya tinggi, kebutuhan (plasma konvalesen) meningkat, kita kehabisan stok. Kita pelajari yang gelombang kemarin (Juni) itu bagaimana, dan harus kita antisipasi. Kalau perlu Gedor Lakon (Gerakan Donor Plasma Konvalesen) harus gencarkan lagi," kata Taj Yasin dikonfirmasi melalui saluran telepon, Rabu (29/09).

Taj Yasin menambahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga meminta kepada seluruh pihak untuk meningkatkan surveillance terhadap penyebaran covid-19 di Jawa Tengah.

Hal ini menyusul adanya data bahwa Jawa Tengah jadi salah satu provinsi di Indonesia dengan kasus anak terkonfirmasi covid-19 terbanyak.

Dia sepakat dengan Gubernur bahwa apabila surveillance yang dilakukan tinggi dan lebih sering, maka kondisi riil dapat diketahui secara lebih cepat.

Hingga saat ini stok plasma konvalesen di Jawa Tengah masih mencukupi jika dibutuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News