Jazilul Fawaid: Empat Pilar Sebagai Pengikat Indonesia Dalam Situasi Krisis

Jazilul Fawaid: Empat Pilar Sebagai Pengikat Indonesia Dalam Situasi Krisis
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengungkapkan bahwa nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat pada Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa berfungsi sebagai pengikat bangsa Indonesia saat menghadapi krisis, termasuk fenomena merebaknya wabah virus Corona atau COVID-19 yang sudah masuk ke wilayah Indonesia.

Ketika krisis merebaknya wabah corona mulai terjadi dan menimbulkan keresahan di seluruh dunia dan kemudian menyentuh wilayah Indonesia, dengan terjangkitinya 2 WNI di Depok, Jawa Barat, sebenarnya dengan karakter rakyat Indonesia yang terbiasa saling menolong, membantu, bergotong royong dalam menghadapi masalah yang merupakan perwujudan nilai Empat Pilar, rakyat Indonesia menghadapinya dengan biasa saja namun tetap waspada.

“Nilai-nilai Empat Pilar tersebut ternyata  mampu mengikat seluruh kekuatan-kekuatan yang ada dari berbagai elemen bangsa Indonesia, menjadi satu kekuatan utuh tak tergoyahkan dan bersiap menghadapi krisis serta mencari solusinya,” katanya.

Hal tersebut dipaparkan Pimpinan MPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, saat menjadi narasumber Diskusi Empat Pilar MPR bertema ‘Penerapan Empat Pilar Kebangsaan Dalam Situasi Krisis’ kerja sama Biro Humas Setjen MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Media Center MPR/DPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Turut hadir dan menjadi narasumber Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR Syaifullah Tamliha dan Pengamat Komunikasi Politik UGM Nyarwi Ahmad.

Memang dalam krisis tersebut, sempat terjadi situasi dan aksi kepanikan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Namun, hal itu dikarenakan penanganan yang sebagiannya terkesan berlebihan serta pernyataan-pernyataan beberapa pihak yang juga terkesan berlebihan.

“Namun, alhamdulillah sekarang mulai mereda dengan semakin membaiknya informasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Para pemangku kepentingan, lanjut Jazilul, harus memberikan pernyataan-pernyataan dan himbauan-himbauan yang bijak dan menenangkan masyarakat, sehingga akan muncul kepercayaan kepada pemerintah dalam menyelesaikan krisis.  Tetapi, jika tidak maka muncul ketidak percayaan kepada pemerintah sehingga penyelesaian krisis menjadi lebih sulit.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengungkapkan bahwa nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat pada Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News