Jazuli: PKS Tetap di Luar Pemerintahan

Jazuli: PKS Tetap di Luar Pemerintahan
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. FOTO: Dok. Fraksi PKS DPR

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menegaskan bahwa PKS tetap berada di luar pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Hal itu disampaikan Jazuli mengingat berkembangnya informasi akhir-akhir ini bahwa ada tawaran kursi kabinet kepada PKS.

Menanggapi isu ini, Jazuli Juwaini mengatakan bahwa reshuffle (kocok ulang) kabinet sepenuhnya adalah hak prerogatif presiden. Meskipun demikian Jazuli berharap agar reshuffle kabinet tidak dilakukan sekadar bagi-bagi kekuasaan tapi menimbang profesionalisme dan kinerja.

“Presiden sendiri yang menekankan di awal dia terpilih bahwa penentuan kursi menteri bukan bagi-bagi kekuasaan, tapi berdasarkan kapasitas dan kemampuan. Reshuffle pun semestinya begitu dasarnya profesionalitas dan evaluasi kinerja,” kata Jazuli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/1).

Jazuli pun mengingatkan Presiden Jokowi hendaknya jika ingin melakukan reshuffle harus juga mempertimbangkan batasan waktu yang berkaitan dengan pencapaian target kinerja pemerintahan.

"Kalau bongkar pasang terus kapan fokus kerjanya, sementara tantangan pemerintahan kian kompleks. Saya khawatir kementerian menjadi tidak produktif, tidak maksimal mengahasilkan sesuatu dalam lima tahun ini, dan bisa jadi janji Nawa Cita Presiden Jokowi hanya sebuah mimpi yang tidak terealisir," tegas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Banten Raya ini.

Menurut Jazuli, sikap PKS untuk tetap berada di luar pemerintahan ini sesuai dengan keputusan Ketua Majelis Syuro. PKS, kata Jazuli, punya alasan yang rasional, objektif dan bermartabat terkait pilihan politik partainya itu.

Pertama, sejak awal PKS sadar tidak ikut berkeringat memenangkan pasangan Jokowi-JK karena memang saat pilpres 2014 punya pilihan yang berbeda. Oleh karena itu tidak etis bagi PKS mengambil jatah teman-teman yang sudah berkeringat.

"Kami di PKS menjaga etika politik ini agar maslahat bagi semua," tandas Anggota Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PKS ini.

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menegaskan bahwa PKS tetap berada di luar pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Hal itu disampaikan Jazuli mengingat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News