Jelajah Sepeda Nusantara Dimulai dari Entikong

Jelajah Sepeda Nusantara Dimulai dari Entikong
Pemberian cinderamata berupa kaus Sepeda Nusantara 2018 dari Kemenpora kepada Pemkab Sanggau, Kalbar. foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tim jelajah Sepeda Nusatara 2018 akan memulai ekspedisi mereka dari Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, pada Sabtu (30/6).

Daerah ini dipilih karena merupakan titik 0 Kilometer Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Mengawali start di Sanggau, tim ini akan menempuh ribuan kilometer melalui empat pulau Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan kemudian finis di Bali.

Penjelajahan dilakukan oleh 15 pesepeda yang terpilih dari berbagai provinsi di Indonesia itu akan melahap lebih dari 6.500 Km. Kegiatan ini merupakan program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam mengkampanyekan gerakan Ayo Olahraga bertajuk Sepeda Nusantara 2018 dengan mengambil tema Bangun Indonesia.

Selain menjadi titik awal dimulainya penjelajahan, di lokasi pos lintas batas tersebut juga akan dihelat even olahraga tradisional dengan Malaysia.

Ada beberapa cabor yang dilombakan yakni gasing dan sandal gergaji (balap terombah panjang).

Asisten Deputi pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo dalam acara ramahtamah dengan pemerintahan daerah Sanggau mengatakan bahwa program yang dihelat Kemenpora ini bertujuan untuk mengajak masyarakat gemar berolahraga.

Melalui aktivitas tersebut indeks kebugaran masyarakat diharapkan dapat meningkat yang sebelumnya hanya di angka 20%.

"Program ini sengaja kami mulai dari sini sehingga Sanggau menjadi role model, karena selain berada diperbatasan NKRI, daerah ini memiliki potensi yang luar biasa, seperti SDM, daerah yang luas dan sejuk, memiliki destinasi wisata yang indah," ucap Teguh Raharjo dalam acara ramahtamah di aula Bapenda Sanggau, Jumat (29/6) malam..

Tim jelajah Sepeda Nusatara 2018 akan memulai ekspedisi mereka dari Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, pada Sabtu (30/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News