Jelajahi Tapal Kuda, Azwar Anas Bawa Kue Pia Istimewa

Jelajahi Tapal Kuda, Azwar Anas Bawa Kue Pia Istimewa
Abdullah Azwar Anas membawa dan membagikan oleh-oleh dalam kunjungannya ke kawasan Tapal Kuda. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas mengunjungi sejumlah kawasan di Tapal Kuda yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Kabupaten dan Kota Probolinggo akhir pekan ini. Kedatangan Anas tidak dengan tangan kosong.

Pria yang di Pilgub Jatim nanti akan duet dengan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) itu membawa oleh-oleh pia istimewa. Anas membawa beberapa kardus berisi pia glenmore. Kue ini adalah oleh-oleh khas yang diproduksi di Kecamatan Glenmore, wilayah selatan Banyuwangi.

Dalam safari sebelumnya, Anas membawa oleh-oleh kue bagiak. ”Jadi pia glenmore ini punya kekhasan, istimewa, beda dengan pia-pia lainnya, terutama dari bentuk dan kulitnya. Isinya juga bervariasi, ada kacang hijau, kacang merah, durian, pisang cokelat,” kata Azwar Anas, Minggu (5/11).

Dia mengatakan, di setiap kunjungan dia selalu mampir di sentra kuliner dan UMKM sebagai wujud dukungan kepada mereka yang telah berjasa besar menggerakkan ekonomi rakyat. Bupati yang dikenal sukses mengembangkan Banyuwangi itu kerap membikin video singkat untuk mempromosikan kuliner dan UMKM bersangkutan, seperti bebek sinjay khas Madura, onde-onde Mojokerto, tahu kediri, sentra batik Pamekasan, sampai tape manis Bondowoso.

“Saya selalu bawa oleh-oleh yang diproduksi UMKM. Di tiap-tiap daerah saya juga membeli oleh-oleh khas yang saya sampaikan ke teman-teman di Banyuwangi. Jadi kami makin seduluran lewat kuliner, lalu tinggal bergotong royong mengembangkan daerah,” kata Anas yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Dalam lawatannya ke daerah Tapal Kuda kali ini, Anas bertemu jajaran partai pengusung, tokoh masyarakat, tokoh agama, bupati/wali kota, relawan, komunitas anak muda, dan elemen masyarakat lainnya.

”Kami menggali banyak masukan, juga membicarakan program ke depan. Kami ingin agenda politik ini menjadi sesuatu yang inspiratif. Bukan cuma soal kalah atau menang, tapi yang terpenting adalah menginspirasi masyarakat, mengajak orang pada aktivitas yang bermanfaat bagi sekitar, dan yang terpenting jangan sampai menimbulkan konflik,” kata Anas.

Sebelumnya, Anas telah mengunjungi kabupaten/kota di wilayah Mataraman dan Pulau Madura. Sejak diumumkan sebagai cawagub berpasangan dengan Gus Ipul pada 15 Oktober lalu, Anas telah mengunjungi 20 kabupaten/kota. Ditambah agenda sepanjang akhir pekan ini, berarti telah mengunjungi 25 daerah. ”Saya hanya memanfaatkan akhir pekan pas libur untuk ke daerah-daerah,” ujarnya.

Azwar Anas bertemu jajaran partai pengusung, tokoh masyarakat, tokoh agama, bupati/wali kota, relawan, komunitas anak muda, dan elemen masyarakat lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News